Sukses

Indomobil Garap Segmen Rental Kendaraan Komersial, Ini Targetnya

Indomobil Group kembali beraksi. Kali ini, Raksasa otomotif Indonesia itu membuat perusahaan patungan baru di bisnis rental kendaraan komersial bernama IndoPenske.

Liputan6.com, Jakarta - Indomobil Group kembali beraksi. Belum reda kabar pencaplokan Mercedes-Benz Indonesia, raksasa otomotif Indonesia itu baru-baru ini membuat perusahaan patungan baru di bisnis rental kendaraan komersial bernama IndoPenske.

Indomobil diwakili anak usaha Indorent, sementara mitra strategisnya adalah Penske Truck Leasing (Amerika Serikat) dan Mitsui & Co Ltd (Jepang).

Harry Pramono, Direktur Utama Indorent dan IndoPenske, menjelaskan perusahaan patungan ini menelan investasi Rp 300 miliar. Indorent menjadi pemegang saham mayoritas dalam kerja sama ini. Jadi Indorent memegang saham sebesar 60 persen, sisanya dibagi sama besar antara Penske dan Mitsui & Co.

Saat ini Indorent memiliki armada sebanyak 3.800 unit truk. Kliennya antara lain PT PLN (persero), perusahaan jasa pengantaran uang ATM, e-commerce, dan sebagainya. Sementara total armada Indorent mencapai 25.000 unit termasuk kendaraan penumpang.

"Dengan kehadiran IndoPenske, kami targetkan bisnis rental truk bertumbuh dua kali lipat," kata Harry saat mengumumkan kerja sama IndoPenske di Jakarta, Kamis (27/10).

Menurut Harry, tahun ini bisnis rental truknya mencatat pendapatan Rp 200 miliar. Namun, dengan IndoPenske, kami mengincar kenaikan pendapatan menjadi Rp 400 miliar, karena jumlah armada truknya akan bertambah dua kali lipat.

"Kami mengincar kustomer baru terutama perusahaan-perusahaan di sektor pertambangan dan perkebunan. Kami yakin dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat di bisis rental truk dengan IndoPenske," pungkas dia.

IndoPenske menawarkan solusi penyewaan kendaraan komersial khusus truk, seperti pick-up, light truck, medium truck, dan heavy duty truck.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Penske Truck Leasing

Selain itu, IndoPenske juga menawarkan “one stop shopping”, yang mencakup jaminan kualitas kendaraan, jaminan kendaraan yang selalu siap, kendaraan pengganti, perbaikan dan perawatan, dan sebagainya.

“Perusahaan baru ini menyediakan peluang besar dan memanfaatkan kekuatan, reputasi dan pengalaman dari seluruh mitranya. IndoPenske akan membawa industri penyewaan kendaraan komersial ke tingkat lebih tinggi di Asia Tenggara. Kami menantikan kerja sama yang baik dan mengembangkan bisnis ini di masa mendatang," ucap Art Vallely, Presiden Direktur Penske Truck Leasing, pada kesempatan serupa.

Penske Truck Leasing merupakan perusahaan rental truk dunia yang bermarkas di Pennsylvania, Amerika Serikat, sejak 50 tahun silam. Penske Truck Leasing memiliki lebih 400.000 unit armada di Amerika Utara.

Keunggulan Penske dalam menjalin kerja sama ini mencakup keahlian, pengalaman dan teknologi pemantauan setiap kendaraan yang beroperasi secara riil. Kemitraan ini diperkuat dengan kerja sama strategis bersama Mitsui & Co, Ltd.

Takeshi Mitsui, General Manager Freight Mobility Solution Business Division Mitsui & Co, menyambut positif kerja sama ini.

“Mitsui & Co, Ltd Japan merasa sangat bangga menjadi bagian dari peluncuran IndoPenske. Kami percaya kemitraan strategis ini akan memberikan solusi jangka panjang terbaik bagi pertumbuhan perekonomian di Indonesia," ucapnya.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.