Sukses

Bikin Replika Mobil Sport Klasik yang Mirip Aslinya, Modal Cuma Rp 1,6 Miliar

Tren modifikasi atau kustum bagi pecinta otomotif akan selalu terus berkembang. Salah satunya, yang dilakukan oleh Rocket Motor Company (RMC) yang berkolaborasi dengan Dynoworks, sebuah car builder mobil sport klasik.

Liputan6.com, Jakarta - Tren modifikasi atau kustum bagi pecinta otomotif akan selalu terus berkembang. Salah satunya, yang dilakukan oleh Rocket Motor Company (RMC) yang berkolaborasi dengan Dynoworks, sebuah car builder mobil sport klasik.

Kolaborasi keduanya menghasilkan sebuah karya yang dapat dinikmati para penggila mobil, yaitu sebuah replika atau rubah bentuk (re-created) dari mobil tua atau yang sudah tidak layak digunakan menjadi sebuah mobil sport klasik yang memiliki bentuk mirip dengan aslinya.

"Sesuai dengan lisensi yang dimiliki Dynaworks, kita sudah punya tiga SK rancang bangun dari Kementerian perhubungan. Kita bisa membuat Ford Mustang dari donor kendaraan BMW dan Ford Cortina," jelas Diggy Rahim, CFO Dynaworks, di gelaran The Elite Showcase, di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (5/2/2023).

Selain Ford Mustang, Rocket Motor Company dan Dynaworks juga bisa membuat ulang Shelby Cobra, serta yang saat ini tengah diurus perizinannya adalah Chevrolet Camaro.

"Donor mobilnya bisa apa aja, tapi cari yang mendekati karena nanti ada toleransi-toleransi yang diberikan. Jangan jadi Honda Jazz dibuat hardtop, kan tidak mungkin. Artinya, ada aturan teknis yang harus diikuti," tambah Diggy.

Untuk membuat ulang mobil sport klasik yang disebutkan tersebut, harga yang dibanderol mulai Rp 1,6 miliar tergantung spesifikasinya. Sedangkan pengerjaannya antara 8 sampai 12 bulan, tergantung tingkat kesulitan dan ketersedian parts atau komponen dan juga suku cadangnya.

"Semua parts impor ya, jadi 60 sampai 70 persen impor, bodi juga tidak ada yang kita ketok-ketok, jadi didatangkan langsung dari luar panel per panel. Karena kebetulan semuanya masih diproduksi di Amerika Serikat," tegas Diggy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nilai tambah

Sementara itu, Alvi Sofran, CMO RMC mengatakan, dengan kolaborasi bersama Dynaworks akan menambah nilai tambah RMC di pasar otomotif Tanah Air, atau Jakarta khususnya.

"Karena dengan bergabungnya Dynaworks, pangsa pasar RMC akan menjadi semakin luas sebagai brand yang menjual mobil sports, yang awalnya kami hanya menjual modern sports car, kini bertambah dengan classic sports car," pungkasnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.