Sukses

PLN Tebar Diskon Jutaan Rupiah untuk Pemilik Mobil Listrik yang Pasang Home Charging

PT PLN (Persero) memberikan promo pemilik mobil listrik, untuk penyambungan baru pengisian daya di rumah atau home charging

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) memberikan promo pemilik mobil listrik, untuk penyambungan baru pengisian daya di rumah atau home charging. Promo yang disebut Seper Everyday ini, dapat diikuti semua golongan tarif pelanggan PLN, dengan rincian pelanggan tegangan rendah (TR) 1 Fasa sampai dengan daya 7.700 VA dan Pelanggan TR 3 Fasa sampai dengan daya 13.200 VA.

Lewat promo ini, pelanggan mendapatkan harga spesial penyambungan listrik di mana pelanggan 1 Fasa dengan pilihan daya akhir 7.700 VA hanya membayar Rp 850 ribu dari harga normal sekitar Rp 7,49 juta.

Sementara itu bagi pelanggan 3 Fasa dengan pilihan daya akhir 13.200 VA hanya membayar Rp 3,5 juta dari harga normal berkisar senilai Rp 14,6 juta.

Tak hanya itu, pelanggan juga akan mendapatkan diskon tarif tenaga listrik sebesar 30 persen pada pukul 22.00 WIB sampai 05.00 WIB dari pemakaian home charging mobil listrik.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya akan terus memberikan kemudahan bagi pengguna mobil listrik yakni dengan memberikan layanan pengisian daya kendaraan listrik di rumah atau home charging.

"Mobil listrik ini layaknya handphone. Pengisian daya dilakukan pada malam hari di rumah masing-masing. SPKLU hanya digunakan ketika perjalan jarak jauh," ujar Darmawan dalam keterangannya, Senin (27/2/2023).

 
2 dari 3 halaman

Ekosistem Kendaraan Listrik

Menurut Darmawan, penggunaan mobil sebagian besar digunakan untuk mobilitas sehari-hari yang jaraknya tidak lebih dari 100 kilometer. Sementara, kapasitas baterai mobil listrik yang tersedia saat ini rata-rata mampu digunakan lebih dari 200 kilometer.

Sehingga sebagian besar pengisian daya kendaraan listrik mayoritas dilakukan di rumah pelanggan dibandingkan dengan di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). Ini membuat layanan home charging menjadi sangat penting untuk mendukung tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik.

"Dengan adanya kemudahan ini, kami yakin semakin banyak masyarakat yang tertarik menggunakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan," ia memungkasi.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia