Sukses

Tiga Perusahaan Ini Solid Dukung IIMS Surabaya 2023 karena Jawa Timur Kunci Pertumbuhan

Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 seri Surabaya turut didukung oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bersama PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) dan MUFG Bank Ltd.

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 seri Surabaya turut didukung oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bersama PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) dan MUFG Bank Ltd. IIMS Surabaya sendiri berlangsung pada 31 Mei hingga 4 Juni 2023 di Grand City Convention & Exhibition Surabaya, Jawa Timur.

Dian Ari Prabowo, Area Manager Surabaya, PT Bank Danamon Indonesia Tbk menyampaikan, dukungan ini membuktikan komitmen untuk mendukung kemajuan industri otomotif dengan melayani seluruh bagian dari mata rantai dari industri otomotif di Indonesia, termasuk Jawa Timur, baik dari hulu hingga ke hilir, dari produsen sampai ke tahap konsumer akhir.

"Danamon bersama Adira Finance dan MUFG sebagai sebuah grup memiliki layanan solusi finansial yang spesifik dan komprehensif," terang Ari dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut Ari menyebutkan, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi Danamon bersama MUFG dan Adira mensponsori IIMS Surabaya 2023. "Pertama, Ibu Kota Jawa Timur ini merupakan kota dengan skala ekonomi terbesar kedua di Indonesia," kata dia.

Disebutkan, kontribusi Surabaya terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sangat signifikan dan berhasil mengantarkan Jawa Timur sebagai provinsi dengan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) tertinggi kedua di Indonesia, yakni Rp 2.730,9 triliun pada 2022, berdasarkan data BPS.

"Kedua, ekonomi yang bertumbuh di Surabaya dan Jawa Timur mendongkrak daya beli konsumen, sehingga mengerek permintaan kendaraan di daerah ini," ujarnya.

Untuk diketahui, pada 2022 provinsi Jawa Timur mencatat total penjualan kendaraan sebanyak 999.385 unit, terbagi menjadi 851.413 mobil, 114.506 motor, 30.748 truk, dan 2.718 bus.

"Penyelenggaraan pameran otomotif seperti IIMS tentu ikut memacu permintaan terhadap kendaraan di daerah Jawa Timur," imbuh Ari.

Faktor ketiga, menurut Ari, Surabaya merupakan pemain penting di ekosistem industri otomotif nasional. "Berdasarkan data, Jawa Timur memiliki 80 pelaku industri otomotif, di antaranya adalah 30 perusahaan bergerak di bidang karoseri dan 50 perusahaan di suku cadang," sambungnya.

Lalu yang keempat, Jawa Timur dan Surabaya juga berperan penting dalam pertumbuhan bisnis Bank Danamon dengan 41 kantor cabang, terbanyak di luar Jakarta. Ada lebih dari 7.000 nasabah Enterprise Banking dan UKM di Jawa Timur, dan hampir 5.000 di antaranya berada di Surabaya.

"Dari jumlah ini, lebih dari 6.000 nasabah Enterprise Banking dan UKM merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif (manufaktur, dealership, bengkel, atau aftermarket)," beber Ari.

"Secara umum, kota Surabaya dan provinsi Jawa Timur merupakan pusat bisnis yang berkembang pesat dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Daerah ini juga merupakan pemain penting dalam ekosistem industri otomotif nasional serta pasar ekspor otomotif," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini