Sukses

Gara-Gara Airbag Bermasalah, Toyota Recall Avanza, Veloz, dan Raize di Indonesia

PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan melakukan recall alias penarikan kembali untuk diperbaiki untuk tiga model andalannya, yaitu Avanza, Veloz, dan juga Raize

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan melakukan recall alias penarikan kembali untuk diperbaiki untuk tiga model andalannya, yaitu Avanza, Veloz, dan juga Raize. Kendaraan yang terdampak kampanye perbaikan ini, merupakan unit dengan tahun produksi Desember 2022 hingga Januari 2023.

Dalam keterangan resminya, Toyota mengimbau kepada para pemilik model yang disebutkan untuk mengecek dan atau mengganti ECU airbag di dealer resmi.

Aktivitas recall sendiri, merupakan hal yang umum terjadi, termasuk bagi produsen kendaraan bermotor. Di Toyota, recall dilakukan sebagai bagian dari upaya serta komitmen menghadirkan ever-better cars untuk menjamin kualitas produk serta menjaga keamanan dan keselamatan pelanggan.

"Sejalan dengan global initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan,” kata Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, Senin (5/6/2023).

Secara detail, aktivitas recall pada Veloz, Avanza, dan Raize dengan tahun produksi Desember 2022 — Januari 2023 ini dilakukan karena adanya malfungsi pada salah satu kapasitor ECU Airbag, yang meyebabkan adanya potensi Airbag tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

Secara keseluruhan, proses pengecekan hingga pengerjaan airbag ini berlangsung sekitar 1 jam. Untuk prosesnya, pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dahulu, agar dealer dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti. Dan seluruh proses pemeriksaan dan penggantian tidak dipungut biaya sama sekali (gratis).

2 dari 2 halaman

Pengecekan unit

Terkait dengan recall ECU Airbag pada Veloz, Avanza, dan Raize ini, Toyota menginformasikannya kepada pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi.

Pelanggan juga bisa menghubungi jaringan dealer resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telepon 1-500-315.

Selain itu, pelanggan juga dapat mengakses www.toyota.astra.co.id/ssc untuk melakukan pengecekan nomor rangka dan selanjutnya akan diberikan informasi apakah kendaraannya masuk dalam program recall Toyota untuk selanjutnya diarahkan mendatangi dealer terdekat dan dilakukan perbaikan (jika dibutuhkan).

 

Video Terkini