Sukses

Toyota Yaris Cross Hybrid Resmi Mulai Diproduksi, Langsung Diekspor ke Kawasan Amerika Latin dan Asia

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi mulai produksi dan ekspor model terbarunya, Yaris Cross. Seremoni dilamukan langsung di Pabrik TMMIN Karawang 1 dan 2, Karawang Barat, Jawa Barat, Selasa (13/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi mulai produksi dan ekspor model terbarunya, Yaris Cross. Seremoni dilamukan langsung di Pabrik TMMIN Karawang 1 dan 2, Karawang Barat, Jawa Barat, Selasa (13/6/2023).

Pengiriman pertama ini berlaku untuk seluruh model, yakni Toyota Yaris Cross tipe Bensin dan Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Produksi Yaris Cross ini menelan investasi hingga Rp 2,5 triliun, dan Yaris Cross merupakan model elektrifikasi produksi lokal kedua, setelah Kijang Innova Zenix, persembahan Toyota Indonesia bagi konsumen domestik dan ekspor.

“Produksi Yaris Cross merupakan bagian dari komitmen kami di Toyota Indonesia untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi dengan memberikan lebih banyak pilihan model elektrifikasi dan kendaraan hemat bahan bakar bagi beragam lapisan konsumen," jelas Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono.

Sementara itu, Yaris Cross buatan Indonesia dengan kandungan lokal 80 persen, baik versi bensin maupun HEV juga ditujukan untuk pasar ekspor ke negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Asia.

Yaris Cross versi bensin dan HEV mengusung tingkat emisi CO2 yang rendah serta memiliki efisiensi bahan bakar tinggi. Bersama dengan model-model Toyota lain yang hemat bahan bakar serta berteknologi elektrifikasi (HEV, PHEV, BEV, dan FCEV).

Selain itu, Yaris Cross diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pencapaian target Dekarbonisasi Pemerintah Indonesia dengan menjangkau lebih banyak konsumen dengan kebutuhannya masing-masing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berstatus World Premiere, Toyota Yaris Cross Resmi Diperkenalkan di Indonesia

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan model terbarunya all new Yaris Cross di Indonesia dengan status pertama dunia. Medium Sport utility vehicle (SUV) ini, hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu bensin dan juga hybrid.

Henry Tanoto, Wakil Presiden PT TAM mengatakan, Toyota Yaris Cross dikembangkan berdasarkan tren SUV yang tengah berkembang saat ini. Bahkan, penjualan di segmen tersebut, terus tumbuh terlebih pasca pandemi Covid-19.

"Pasar SUV naik dua tahun terakhir di Indonesia, hingga 140 persen," ujar Henry saat peluncuran all new Toyota Yaris Cross, di Jakarta, Senin (15/5/2023).

Berbicara mesin, untuk varian Toyota Yaris Cross bensin dipersenjatai mesin 2NR-VE berkapasitas 1.5 liter. Dengan spesifikasi tersebut, tenaganya mampu mencapai 78 kW dengan torsi 138 Nm.

Sedangkan tipe hybrid mengusung mesin 2NR-VEX dengan mesin bensin menghasilkan tenaga 67 kW/121 Nm dan motor listriknya menghasilkan 59 kW/141 Nm. Jantung penggerak yang tersemat di all new Toyota Yaris Cross ini berbeda dengan yang beredar di Jepang.

Sedangkan harganya sendiri belum diumumkan, tapi pihak Toyota memberikan range banderol antara Rp 300 juta hingga Rp 400 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.