Sukses

Mengenang Harga Mobil Honda pada Tahun 1970an, Hanya Ratusan Ribu Rupiah

Brand mobil Honda memiliki rekam jejak yang begitu mengagumkan di Indonesia. Merek asal Jepang tersebut pertama kali masuk ke Tanah Air pada tahun 1968 melalui pengusaha keturunan Tionghoa, Ang Kok Ha, alias Hadi Budiman dengan PT Istana Mobil Raya Motor (Imora Motor).

Liputan6.com, Jakarta - Brand mobil Honda memiliki rekam jejak yang begitu mengagumkan di Indonesia. Merek asal Jepang tersebut pertama kali masuk ke Tanah Air pada tahun 1968 melalui pengusaha keturunan Tionghoa, Ang Kok Ha, alias Hadi Budiman dengan PT Istana Mobil Raya Motor (Imora Motor).

Mobil pertama yang dijual adalah mobil niaga mini Honda TN360 tipe M. Mobil niaga ini dijual dengan harga Rp 425.000. Kali pertama, Hadi hanya menjual 50 unit.

Karena laku keras, pada 1969 volume penjualan Honda TN360 ditambah menjadi 150 unit atau tiga kali lipatnya. Mobil pikap ini laris manis sebab Honda Light Truck TN360 menawarkan dimensi mini dengan kapasitas angkut 500 kg.

Pada masa itu, Honda TN360 sangatlah irit bensin, apalagi jika dibandingkan dengan mobil niaga asal Amerika Serikat yang dimensinya besar-besar.

Saat itu Opelet asal Amerika sangat dominan sebagai alat angkut di Indonesia. Bermesin OHC 4 Tak berkapasits 360 cc 3 silinder, konsumsi bensin Honda TN360 adalah 1 liter mampu menempuh jarak 25 km (1:25). sedangkan Opelet yang bongsor konsumsinya hanya 1:5.

Dengan promosi keliling Pulau Jawa, Honda TN360 semakin tinggi penjualannya. Saking larisnya, harga jual Honda TN360 naik dari Rp 450 ribu per unit menjadi Rp 600 ribu, bahkan Rp 650 ribu. Pada 1970, PT Imora Motor mengimpor mobil ini dalam bentuk terurai (CKD) untuk dirakit di Indonesia Service Company (ISC).

2 dari 2 halaman

Dilanjutkan dengan Honda Civic

Setelah sukses memasarkan TN360, PT Imora Motor kemudian menjual mobil kedua mereka pada tahun 1973, yakni Honda Civic. Menariknya lagi mobil Honda Civic sering menjadi juara di ajang balap di Ancol, Jakarta Utara. Ini membuat publik makin tergila-gila sehingga penjualannya juga tinggi seperti TN360.

Momentum Honda Civic ini dimanfaatkan dengan mendirikan PT Prospect Motor, pabrik perakitan (assembling) pada 1975.

Diketahui juga bahwa Honda Civic Gen Pertama diproduksi di Jepang mulai 1972 hingga 1979.Menggunakan mesin 1.200 cc dengan empat silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 50 hp.

Civic generasi pertama sudah dilengkapi rem cakram depan, wiper belakang, pilihan transmisi manual dan otomatis. Mobil penggerak roda depan ini menjadi mobil Honda pertama yang memiliki pilihan transmisi manual dan otomatis.

Emblem RS

Honda Civic generasi pertama juga merupakan model Honda pertama yang menggunakan emblem RS.

Honda Civic RS generasi pertama ini sudah menggunakan transmisi lima percepatan dan mesin lebih bertenaga: 52 hp, Civic RS generasi pertama diproduksi sebanyak 20.000 unit di seluruh dunia.

Hingga 2022, Honda Civic sudah mencapai generasi ke-11. Dan sepanjang tahun lalu, Honda Civic mencatat penjualan ritel sebanyak 630 unit di Indonesia.

Penulis: M Syakur Usman

Sumber: Merdeka.com

Video Terkini