Sukses

6 Ciri-Ciri Mobil Bekas yang Cocok untuk Pemula

Bagi Anda yang baru memiliki SIM A dan berencana untuk memiliki kendaraan sendiri, salah satu opsi yang menarik adalah berburu mobil bekas.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang baru memiliki SIM A dan berencana untuk memiliki kendaraan sendiri, salah satu opsi yang menarik adalah berburu mobil bekas.

Membeli mobil bekas tentu memiliki kelebihannya tersendiri, seperti harga yang lebih terjangkau dan juga pilihan mobilnya sangatlah banyak.

Tentu saja terdapat beberapa kriteria yang harus diperhatikan sebelum membeli mobkas, terutama bagi Anda yang masih pemula soal berkendara.

Dikutip dari laman ibid.astra.co.id, berikut adalah kriteria mobil yang cocok untuk pemula. 

 

1. Konsumsi BBM yang Irit

Kriteria pertama mobil yang cocok untuk pemula adalah irit. Kenapa? Jelas, karena kamu hidup di Indonesia yang memiliki tata kota yang tidak begitu cocok untuk mobil-mobil yang boros bensin. Baik itu di perkotaan maupun pedesaan.

Di perkotaan misalnya seperti Jakarta, Medan, Bandung, dan Surabaya yang identik dengan kemacetan. 

Sedangkan di desa, aksesibilitas dari wilayah penduduk ke fasilitas umum juga cukup jauh. Sehingga mobil dengan konsumsi BBM yang irit jadi pilihan wajib.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Memiliki Fitur Standar Keselamatan

Rasa panik, ragu, dan kaku terkadang masih dimiliki oleh para pengendara pemula. Sehingga fitur standar keselamatan jadi hal wajib yang harus ada dalam mobil pertamamu.

Setidaknya ada empat fitur keselamatan yang wajib ada pada mobil pertamamu yaitu ABS (Anti-lock Braking System) yang membantu kamu mengendalikan mobil ketika melakukan pengereman agar tidak tergelincir.

Kemudian ada EBD (Electronic Brake Distribution) yang berfungsi mengendalikan keempat roda ketika pengereman. Braking Assist yaitu fitur yang membantu kamu dalam memaksimalkan rem pada kondisi darurat dan Electric Stability Control agar mobil tidak slip ketika pengereman.

 

3 dari 4 halaman

3. Easy to Drive

Ada dua tipe feel berkendara pada mobil yaitu easy to drive dimana stir mobil memiliki respon sensitivitas yang lebih rendah. Contohnya ketika kamu membelokkan sedikit setir, mobil tidak akan ikut berbelok.

Kedua, fun to drive dimana respon stir sangat cepat dan sensitif. Dimana ketika kamu membelokkan setir sedikit saja, mobil akan ikut berbelok.

Bagi pemula, mobil dengan feel berkendara yang lebih mudah sangat cocok digunakan agar ketika setir berbelok sedikit, mobil tetap dalam kondisi kemudinya.

Selain itu, pastikan juga setir mobil sudah power steering yang mempermudah kamu dalam mengendalikan setir mobil.

 

4 dari 4 halaman

4. Memiliki Radius Putar Kecil

Di Indonesia, negara yang memiliki banyak celah-celah jalan kecil dan U-turn, membuat mobil dengan radius putar kecil sangat cocok dibeli. Dengan radius putar kecil, kamu bisa lebih mudah berbelok atau berjalan di jalan sempit.

5. Memiliki Parking Sensor

Sensor yang berfungsi untuk mendeteksi objek yang ada di sekitaran mobil ketika ingin parkir sangat cocok dimiliki pada mobil-mobil kelas pemula.

6. Ikuti Selera!

Ada yang mengatakan bahwa mobil adalah perpanjangan dari tubuhmu. Terlihat berlebihan, namun itu juga bisa jadi benar. Apalagi jika mobil itu kamu bawa sehari-hari ke kantor atau bepergian bersama keluarga.

Jadi, pilihlah mobil yang benar-benar kamu inginkan sejak dulu, meskipun itu sudah tidak ada lagi di pasaran.

Selain itu, memiliki mobil yang sesuai dengan selera biasanya menimbulkan rasa kepemilikan yang lebih besar. Kamu akan lebih senang merawatnya bahkan tidak akan kamu ganti-ganti sampai kapan pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini