Sukses

Spesifikasi Hyundai Ioniq 6: Sekali Isi Daya Bisa Tempuh Jakarta-Magelang

Pilihan mobil listrik di Indonesia kembali bertambah, dengan kehadiran Hyundai Ioniq 6

Liputan6.com, Jakarta - Pilihan mobil listrik di Indonesia kembali bertambah, dengan kehadiran Hyundai Ioniq 6. Mobil yang masih didatangkan langsung secara utuh atau completely built-up (CBU) ini dibanderol Rp 1,197 miliar on the road (OTR) Jakarta.

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) mengatakan, Ioniq 6 merupakan buah dari konsistensi Hyundai dalam berinovasi dan mendobrak batas untuk merancang desain mobil modern, khususnya untuk kendaraan listrik.

"Maka dari itu, Ioniq 6 hadir sebagai mobil listrik murni Hyundai paling aerodinamis dan paling efisien saat ini," jelas pria yang akrab disapa Soerjo, di booth Hyundai GIIAS 2023, Senin (14/8/2023).

Lengkap dengan eksterior yang futuristis, interior yang lapang, serta pengembangan teknologi yang advance, Ioniq 6 memberi pengalaman berkendara terbarukan.

Terinspirasi oleh Prophecy EV Concept dari Hyundai, Ioniq 6 memiliki ciri khas akan goresan garis yang simple dan clean serta rancang bangun yang aerodinamis, yang disebut oleh para desainer Hyundai sebagai Emotional Efficiency.

Kesan mewah dan futuristis di eksterior Hyundai Ioniq 6 tampak dari penggunaan desain lighting Parametric Pixels di lampu depan dan lampu belakang serta Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp di rear spoiler. Sistem Parametric Pixel tidak hanya menambah estetika desain dari model ramah lingkungan ini, tapi juga menjadi simbol yang menerangi masa depan elektrifikasi industri otomotif Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Teknis Hyundai Ioniq 6

Menggunakan platform E-GMP yang telah dikembangkan untuk memberikan kenyamanan maksimal di dalam kendaraan, mobil listrik ini memiliki wheelbase sepanjang 2.950 mm yang membuat interior kendaraan lebih lapang dibanding model BEV lainnya.

Secara keseluruhan, dimensi mobil listrik Ioniq 6 berukuran panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm, serta ground clearance 141 mm yang menawarkan kenyamanan dan kestabilan selama perjalanan.

Pengembangan arsitektur E-GMP pada Ioniq 6 menawarkan peningkatan signifikan terhadap kenyamanan berkendara secara keseluruhan, baik dari segi performa maupun jarak tempuh.

Berbekal baterai 77,4 kWh dan menggunakan dual motor dengan sistem penggerak all-wheel drive, Ioniq 6 mampu menghasilkan daya sebesar 239 kW dan torsi sebesar 605 Nm. Tenaga maksimal pun memungkinkan Ioniq 6 mampu melaju dari 0–100 km/jam hanya dalam waktu 5,1 detik, dengan kecepatan maksimal dapat mencapai 185 km/jam.

Performa terdepan didukung dengan konsumsi daya yang efisien untuk jarak tempuh yang panjang. Berdasarkan hasil uji coba dari Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLPT), IONIQ 6 bisa menempuh hingga 519 km per pengisian daya dengan konsumsi energi 16,9 kWh/100 km.

"Hyundai Ioniq 6 ini memiliki 519 km, yang sama dengan Jakarta-Magelang," tambah Bonar Pakpahan, Product Expert PT HMID.

3 dari 4 halaman

Fitur Keselamatan Hyundai Ioniq 6

Hyundai Ioniq 6 juga dibekali fitur keamanan terkini nan komprehensif dari Hyundai SmartSense, yang terdiri dari Intelligent Front-lighting System (IFS), lalu ada Forward Collision-Avoidance Assist 2 (FCA 2) yang bisa mencegah tabrakan dengan kendaraan atau objek lain di sekitar.

Fitur Hyundai SmartSense lain yang hadir di IONIQ 6 meliputi Blind-Spot Collision-avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Driver Attention Warning (DAW) yang meliputi Leading Vehicle Departure Alert, Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist - Line/Road-Edge (LKA-L/R).

Kemudian, ada Parking Collision-avoidance Assist-Reverse (PCA-R), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Rear Occupant Alert (ROA), Safe Exit Warning (SEW), Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go Function, dan Surround View Monitor (SVM).

Tak ketinggalan, terdapat fungsi-fungsi penunjang lainnya seperti Emergency Stop Signal (ESS), Manual Speed Limit Assist (MSLA), Parking Distance Warning - Forward/Side/Reverse (PDW-F/S/R), Tyre

 

 

4 dari 4 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini