Sukses

Tantang Hyundai Ioniq 6, Wuling Luncurkan Starlight: Sedan Listrik Bergaya Coupe

Meski dikenal sebagai pabrikan otomotif yang memproduksi mobil listrik berdimensi mungil, namun rupanya Wuling Motors juga telah mempersiapkan jagoan baru mereka untuk segmen sedan.

Liputan6.com, Jakarta - Meski dikenal sebagai pabrikan otomotif yang memproduksi mobil listrik berdimensi mungil, namun rupanya Wuling Motors juga telah mempersiapkan jagoan baru mereka untuk segmen sedan.

Wuling Starlight jadi andalan baru mereka untuk menghalau penjualan dari Hyundai Ioniq 6, sebuah sedan listrik bergaya coupe yang tampil dengan desain futuristis.

Meski memiliki tampilan yang mirip-mirip, namun dari sisi spesifikasi yang ditawarkan kepada konsumen, jelas jenama otomotif asal Tiongkok menghadirkan kapabilitas mumpuni.

Dilansir Carnewschina, dimensi sedan listrik Wuling Starlight memiliki panjang 4.835 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.515 mm serta wheelbase 2.800 mm. Tampilannya semakin menggoda lewat velg berukuran 18 inci yang dibalut dengan ukuran 215/50 Ring 18.

Bicara terkait spesifikasi elektrikalnya, sedan listrik bergaya coupe ini dibekali dengan motor berkapasitas 100 kW TZ180XS2A0 yang diproduksi oleh Inboer Electric Co., Ltd. di Zhuhai. Dengan menggendong spesifikasi tersebut, Wuling Starlight mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 150 kpj.

Tidak hanya menawarkan full electric vehicle, namun model ini juga dihadirkan dalam versi PHEV yang ditenagai mesin bensin berkapasitas 1.5 liter dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 104 tk. Rencananya, jagoan baru ini akan diluncurkan ke pasar otomotif pada kuarta keempat pada 2023 ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hyundai Ioniq 6 Resmi Mengaspal di Indonesia

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan mobil listrik terbarunya, Ioniq 6 di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Peluncuran roda empat ramah lingkungan anyar ini, makin mengukuhkan pabrikan asal Korea Selatan ini sebagai game changer industri otomotif Indonesia.

WooJune Cha, President Director of HMID mengatakan, Ioniq 6 hadir sebagai langkah nyata Hyundai untuk memperkuat kepemimpinannya dalam elektrifikasi kendaraan dan solusi mobilitas cerdas.

"Hadirnya Ioniq 6 menjadi bagian dari upaya berkelanjutan kami dalam mendukung pemerintah untuk mendorong percepatan elektrifikasi industri otomotif di Indonesia," jelas WooJune Cha, di sela-sela peluncuran Ioniq 6 di GIIAS 2023, ICE, BSD, Tangerang, Senin (14/8/2023).

Mengusung konsep Electrified Streamliner dengan tampilan yang sporty dan modern, Ioniq 6 menawarkan solusi mobilitas cerdas dengan desain eksterior yang sleek dan futuristis.

Terinspirasi dari bentuk kepompong (cocoon), Hyundai Ioniq 6 dirancang untuk mengutamakan kenyamanan dan keleluasaan pengguna. Menggunakan platform E-GMP yang telah dikembangkan untuk memberikan kenyamanan maksimal di dalam kendaraan, mobil listrik ini memiliki wheelbase sepanjang 2.950 mm yang membuat interior kendaraan lebih lapang dibanding model BEV lainnya.

Secara keseluruhan, dimensi mobil listrik Ioniq 6 berukuran panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm, serta ground clearance 141 mm yang menawarkan kenyamanan dan kestabilan selama perjalanan.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.