Sukses

Hyundai Resmi Membeli Pabrik GM di India untuk Tingkatkan Produksi

Untuk mengantisipasi permintaan pasar yang semakin meluas, Hyundai, resmi membeli pabrik General Motors di India untuk meningkatkan kapasitas produksinya.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mengantisipasi permintaan pasar yang semakin meluas, Hyundai, resmi membeli pabrik General Motors di India untuk meningkatkan kapasitas produksinya.

Pabrik yang dibeli Hyundai tersebut telah berhenti berproduksi pada 2017 lantaran penjualan yang tak kunjung membaik, awalnya GM telah melakukan pembicaraan dengan Great Wall Motor untuk menjadi pemilik baru. Namun hal tersebut tidak bisa terealisasi karena otoritas di India tidak tertarik pada investasi yang ditawarkan oleh jenama asal Tiongkok tersebut.

Mengutip informasi Reuters, Hyundai yang baru memiliki pabrik di Kota Chennai, akan mulai mendistribusikan produk kepada konsumen setelah nantinya pabrik bekas GM ini mulai beroperasi.

Terkait besaran produksi yang bisa dilakukan, pabrik ini akan menargetkan kapasitas produksinya menjadi 1 juta unit per tahun, dari yang sebelumnya hanya berkisar 820 ribu.

Adapun beberapa model yang nantinya akan diproduksi di pabrik mobil tersebut, antara lain i10 Nios, i20, Aura, Verna, Creta, Alcazar, Tucson, dan Ioniq 5 EV.

Dalam keterangannya, Managing Director and Chief Executive Hyundai Motor India, Unsoo Kim dan Wakil Presiden Manufaktur General Motors India, dan General Motors International Operation, Asifhusen Khatri telah melakukan penandatanganan kerja sama beberapa waktu lalu.

"Tahun ini merupakan tonggak penting bagi Hyundai Motor India, karena kami merayakan 27 tahun aktivitas kami di pasar (India). Ini menunjukkan dedikasi kami kepada India, awal tahun ini, HMIL telah memandatanganai Memorandum of Understanding (MoU) untuk menginvestasikan demi memperluas kapasitas dan membangun ekosistem kendaraan listrik," jelas Kim.

2 dari 2 halaman

Tiket GIIAS 2023 Diskon Saat 17 Agustus, Begini Cara Membelinya

Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang ke-78 pada pada 17 Agustus 2023 ini. Bagi Anda yang ingin menikmati hari libur dengan berburu mobil baru, Gaikindo Indonesia International Auto Show 2023 yang digelar pada 10-20 Agustus di ICE BSD-City, Tangerang merupakan pilihan tepat.

Untuk membeli tiket bisa dilakukan melalui aplikasi Auto360 atau langsung (on the spot) saat berlangsungnya GIIAS 2023. Jika ingin mendapatkan harga khusus, maka Anda sebaiknya membeli melalui aplikasi Auto360.

Berikut rincian harga tiket GIIAS 2023:

Weekdays: Senin-Jumat (11.00-21.00)

Online via aplikasi Auto360: Rp50.000 On the spot (OTS): Rp70.000

Weekends/Public Holiday: Sabtu dan Minggu (10.00-21.00)

Online via aplikasi Auto360: Rp100.000 On the spot (OTS): Rp120.000

Independence Day:Kamis, 17 Agustus 2023 (10.00-21.00)

Online via aplikasi Auto360: Rp78.000 On the spot (OTS): Rp120.000

GIIAS 2023 menghadirkan 49 merek kendaraan. 29 kendaraan penumpang yang terdiri dari Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, dan Wuling.

5 merek kendaraan komersial yakni; Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Commercial, dan UD Trucks.

15 merek sepeda motor yang akan hadir meliputi Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa.

Lebih dari 100 industri pendukung otomotif juga ikut meramaikan GIIAS 2023, termasuk tiga karoseri bus terbesar di Indonesia yaitu Adi Putro, Laksana, dan Tentrem.