Sukses

FIFGROUP Gandeng OJK dan BPKN Edukasi Konsumen Soal Literasi Keuangan

PT Federal International Finance (FIFGROUP) sebagai anak perusahaan dari PT Astra International Tbk menggelar kegiatan seminar Monthly Business Clinic (MOBIC) yang bertemakan literasi keuangan dengan tujuan mengoptimalkan pembiayaan secara cerdas dan bijak.

Liputan6.com, Jakarta - PT Federal International Finance (FIFGROUP) sebagai anak perusahaan dari PT Astra International Tbk menggelar kegiatan seminar Monthly Business Clinic (MOBIC) pada 15 September yang bertemakan literasi keuangan dengan tujuan mengoptimalkan pembiayaan secara cerdas dan bijak. Seminar ini menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) sebagai narasumber. 

Seminar ini bertujuan untuk mendorong pemahaman yang lebih baik tentang literasi keuangan dan pentingnya pengelolaan pembiayaan yang cerdas ini dihadiri oleh lebih dari 1.200 peserta yang berasal dari berbagai kalangan, termasuk mitra hukum, serta lebih dari 800 karyawan internal perusahaan.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi, menjadi keynote speaker dalam seminar tersebut dan membahas tentang pentingnya literasi keuangan di tengah perkembangan sektor keuangan yang semakin dinamis.

"Indonesia mempunyai tantangan yang besar, dengan total populasi penduduk yang mencapai lebih dari 270 juta orang yang tersebar di lebih dari 17.000 pulau masih memiliki indeks literasi di bawah 50% pada tahun 2022. Ditambah dengan perkembangan era digital yang terjadi saat ini di mana pengguna internet di Indonesia telah mencapai lebih dari 200 juta orang, namun tidak disertai dengan literasi digital yang baik," ucap Friderica.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki target indeks inklusi keuangan Indonesia harus 90% di tahun 2024 mendatang. Peningkatan akses keuangan ini dinilai penting, untuk mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi secara nasional. 

Hal ini sejalan dengan peningkatan literasi keuangan di masyarakat untuk selanjutnya siap menggunakan segala bentuk akses keuangan yang tersedia.

 

2 dari 3 halaman

Dukung Industri Keuangan yang Sehat

Friderica juga menambahkan "Pemahaman masyarakat tentang literasi keuangan menjadi salah satu fondasi yang harus diperkuat, agar masyarakat dapat berperilaku bijak dan dapat mengambil keputusan finansial dengan tepat, terutama dalam lingkungan keuangan yang terus berubah."

Pada acara talk show yang berlangsung secara hybrid ini dihadirkan juga Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Republik Indonesia periode 2020-2023, Bapak Rizal Edy Halim yang berkolaborasi dengan Direktur FIFGROUP, yaitu Bapak Setia Budi yang  memberikan pemahaman terkait literasi keuangan dalam sudut pandang yang berbeda sebagai Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK)

Dalam acara seminar ini, FIFGROUP menekankan bahwa sebagai Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) juga memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung perkembangan industri keuangan yang sehat dan berkelanjutan. 

Setia Budi Tarigan, Operation Director FIFGROUP menjelaskan, "Sebagai perusahaan pembiayaan yang juga termasuk dalam PUJK, kami memahami bahwa tanggung jawab kami tidak hanya terbatas pada bisnis, tetapi juga pada perlindungan dan kesejahteraan konsumen."

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia