Sukses

Perpaduan Mid Hub dan Belt Bikin Motor Listrik Savart S-1 Lebih Efisien dan Bertenaga

Salah satu motor listrik yang diklaim dikembangkan 100 persen secara lokal, Savart S-1 mencuri perhatian di gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu motor listrik yang diklaim dikembangkan 100 persen secara lokal, Savart S-1, mencuri perhatian di gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023. Dengan desain yang cukup unik, layaknya sebuah model Eropa, motor ini hadir dengan sistem swap atau tukar baterai.

Selain itu, Savart S-1 ini menggunakan sistem penggerak mid hub, dengan belt untuk menyalurkan tenaga dari dinamo atau motor ke penggerak roda dan tidak menggunakan rantai.

Selain itu, area belt dari motor listrik ini terbuka alias tidak tertutup sehingga rentan terkena air, debu, dan juga batu kerikil. Namun, pihak Savart sendiri mengklaim, hal tersebut cukup aman.

Dijelaskan COO PT Garda Energi Nasional Indonesia (Savart EV), Gerry, belt yang digunakan memang didesain khusus. Sehingga, untuk benda asing yang masuk, bisa keluar dengan sendirinya.

"Dari desain dan bahannya, memang sudah mengantisipasi hal-hal itu," jelas Gerry, di booth Savart EV, Kamis (26/10/2023).

Lanjut Gerry, pemilihan sistem mid drive dan juga belt, karena memang disesuaikan dengan kondisi jalanan di Indonesia.

Berdasarkan riset, medan jalanan di Indonesia banyak berbukit dan tanjakan, serta tidak 100 persen kondisinya baik alias tidak berlubang dan halus.

"Dengan adanya mid range, maka kita ada rasio pengendali dari dinamonya supaya torsinya cukup tinggi untuk mengatasi medan jalanan yang ada," tegas Gerry.

2 dari 2 halaman

Pemilihan Belt

Sementara itu, Gerry juga menjelaskan, pemilihan menggunakan belt agar transmisi tenaganya bisa lebih efisien. Pasalnya, jika menggunakan rantai, maka akan lebih berisik.

"Aartinya banyak energi yang masuk ke dalam tetapi hilang sebagai suara. Kalau silent (hening), maka pertanda energinya tertransmisi semuanya ke roda," tukasnya.

Sebagai informasi, S-1 menggunakan baterai Lithium Ion NMC dengan spesifikasi 72 V 65 Ah dan motor penggerak berdaya setara dengan 18,7 daya kuda torsi 250 Nm. Tenaga ini kemudian disalurkan ke roda melalui sistem mid drive.

Menyoal harga, Savart S-1P insigna harganya Rp 45 juta tanpa baterai dan Rp 58 Juta yang sudah memakai baterai dan Charger.

Video Terkini