Sukses

Sering Disepelekan, Begini Cara Aman Isi Bensin di SPBU

Kita sebagai pemilik dan pengguna kendaraan tentunya sudah familiar dengan rutinitas mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Namun sudah sepatutnya untuk melakukan pengisian BBM dengan benar dan aman.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pemilik dan pengguna kendaraan, tentunya familiar dengan rutinitas mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Namun sudah sepatutnya isi bensin dilakukan dengan benar dan aman. 

Hal tersebut lantaran bahan bakar baik bensin atau solar sangat mudah terbakar. Sehingga sangat penting untuk mengetahui cara mengisi BBM di SPBU yang aman dan benar sehingga tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Berikut ini merupakan beberapa tips mengisi BBM di SPBU agar lebih aman dan meminimalisir dari hal yang tidak kita inginkan dari CARRO Indonesia.

1. Kenali letak tangki bahan bakar

Sangat penting untuk terlebih dahulu mengetahui posisi mulut tangki BBM. Alasannya, agar kita dapat mengisi BBM dengan mudah dan aman.

Untuk mengetahuinya, cukup melihat arah panah pada panel penunjuk volume BBM yang terdapat di dashboard mobil kita.

2. Matikan mesin saat pengisian

Peringatan yang kerap kita temui di SPBU, namun sayang, tetap saja masih banyak orang yang mengabaikannya.

Bukan tanpa alasan, karena mesin kendaraan yang menyala memiiki aliran listrik statis yang bisa memicu arus di dekat selang jadi tidak stabil.

Jika dibiarkan, akan muncul percikan api yang siap menyambar BBM. kita tentu tahu apa yang bakal terjadi selanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Amati volume awal bahan bakar

Selain untuk hindari kecurangan, dengan mengamati volume BBM dapat menghindari kemungkinan luber dan tercecer di permukaan jalan.

Selain dapat berpotensi merusak cat mobil, namun juga berisiko memantik api ketika terjadi listrik statis atau percikan api. Jadi, hindari pula mengisi bbm hingga terlalu penuh ya!

4. Hindari menggunakan telepon genggam

Meski masih ada perdebatan tentang penggunaan telepon genggam yang berbahaya atau tidak saat mengisi BBM di SPBU, namun kami tetap sarankan untuk menghindari menggunakannya.

Kalau kita sedang mengisi daya telepon genggam, pastikan dalam keadaan aman agar terhindar dari kemungkinan yang tak diinginkan.

5. Tidak perlu keluar dari mobil namun tetap jangan lengah

Saat mengisi BBM di SPBU, kita memang tak diharuskan untuk keluar dari kendaraan, namun disarankan agar tidak lengah.

Tetap amati pengisian bahan bakar dan kondisi sekitar. Jangan ragu untuk memberi tahu petugas SPBU apabila menemukan hal yang sekiranya dapat membahayakan proses pengisian BBM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini