Sukses

Merawat Mesin Mobil Sebelum Dipakai Mudik Lebaran 2024, Begini Caranya

Perjalanan mudik Lebaran tentunya akan dihadapi dengan tingginya arus lalu lintas, dan kemacetan yang cukup parah

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan mudik Lebaran tentunya akan dihadapi dengan tingginya arus lalu lintas, dan kemacetan yang cukup parah. Bahkan, berdasarkan keterangan badan Kebijakan Transportasi (BKT), Kementerian Perhubungan telah merilis survei jika pergerakan masyarakat untuk tahun sebanyak 193,6 juta orang atau naik 71,7 persen dibandingkan tahun lalu.

Jika sudah begitu, dibutuhkan kendaraan yang memiliki performa prima untuk digunakan saat mudik Lebaran. Salah satu caranya, adalah dengan memiliki pelumas yang bisa menjaga mesin tetap maksimal, sekaligus melindungi komponen mesin, seperti yang ditawarkan oleh merek pelumas bardahl.

Bardahl memberikan pilihan produk terbaik untuk merawat mesin mobil baru maupun lama secara komprehensif lewat Bardahl B1 & B2 Engine Treatment. Produk ini adalah aditif pelumas yang secara khusus untuk meningkatkan reduksi gesekan logam pada mesin.

Menggunakan formula polar plus dan molekul Fullerene C60 yang bekerja dan memberikan perlindungan bagian-bagian mesin yang vital dalam kondisi yang paling ekstrim karena mampu menempel sempurna di logam mesin, ia juga mampu mencegah terbentuknya sludge atau lumpur yang bisa mengakibatkan overheat hingga kerusakan fatal pada mesin.

"Secara spesifik, Bardahl B1 peruntukkannya khusus mobil usia pakai 1 hingga 5 tahun, dengan akumulasi jarak tempuh di bawah 80 ribu kilometer, dan Bardahl B2 untuk usia mobil yang lebih tua dengan jarak tempuh sudah diatas 80 ribu kilometer," ujar Pudjijarto Sutjipto, Vice President Bardahl Indonesia, dalam keterangan resmi, Kamis (4/4/2024).

Lanjutnya, aditif ini berfungsi dalam menjaga pelumasan mesin pada kondisi ekstrim seperti beban berlebih atau suhu yang meningkat, menjaga mesin performamesin pada saat starter agar lebih halus, mengembalikan tenaga yang hilang dan meregenerasi mesin dan seal-seal yang tua.

"Formula polar plus dapat memperpanjang usia mesin dengan mengurangi deposit karbon dan menambahkan lapisan (oil film) pada bagian-bagian yang terkecil pada mesin, sehingga mampu meningkatkan perlindungan, tenaga, hingga efisiensi bahan bakar," tegasnya lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Pakai

Untuk pemakaiannya sendiri sanagt praktis, masukkan kedalam crankcase oli mesin pada saat penggantian oli baru. Bisa digunakan pada mesin bensin dan diesel dengan kapasitas campuran maksimal 5 (lima) liter oli untuk satu botol Bardahl B1 atau B2. Aditif tersebut sangat cocok disandingkan dengan oli mesin Bardahl XTC S9, karena mempunyai spesifikasi tertinggi di kelasnya, yaitu API service SP dan ILSAC GF-6A.

Satu lagi produk Bardahl yang ditujukan menjaga kinerja pembakaran di ruang bakar agar terhindar dari tidak sempurnanya hasil pembakaran (misfire) yaitu Bardahl Ultra Concentrated Compete Fuel System Cleaner yang berfungsi untuk menghilangkan deposit karbon yang terbentuk di seluruh sistem bahan bakar(injection line, intake valve, cylinder head, dan piston).

Penggunannya juga tidak merepotkan, tuangkan isi satu kemasan ke tangki bensin sesaat sebelum dilakukan pengisisi bahan bakar. Kompsisi 1 (satu) botol kemasan bisa dicampurkan ke takaran maksimal hingga 60 liter khusus untuk bahan bakar bensin.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini