Sukses

Kurang Laku di Eropa, GWM Tutup Kantor Pusat dan Batalkan Ekspansi Lanjutan

Meski menutup kantor pusatnya, bukan berarti GWM akan hengkang dari Eropa, hanya saja rencana ekspansi sebelumnya ke negara lain dibatalkan

Liputan6.com, München - Tak terlalu sukses berkiprah di Benua Biru, produsen mobil asal China, Great Wall Motor (GWM) memutuskan untuk menutup kantor pusatnya, yang juga akan memecat seluruh manajemen dan staf.

Seperti dilansir dari outlet media Jerman, Manajer Magazin, kantor pusat GWM di München akan ditutup pada akhir Agustus ini.

Meski menutup kantor pusatnya, bukan berarti GWM akan hengkang dari Eropa, hanya saja rencana ekspansi sebelumnya ke negara lain dibatalkan.

Rencana ekspansi yang dibatalkan itu mencakup rencana memasuki pasar Spanyol, Italia, Portugal, Belgia, Luksemburg, Belanda, Austria, Swiss, Denmark, Islandia, dan Bulgaria yang sebelumnya direncanakan rampung pada tahun ini.

Saat ini, GWM masih akan tetap memasarkan satu mobil listrik Ora 03 serta dua SUV plug-in hybrid Wey 03 dan Wey 05 untuk pasar Jerman, Inggris, Irlandia, dan Swedia.

Penutupan kantor di Eropa ini berarti akan mengalihkan manajemen untuk diurus langsung dari kantor pusat Baoding di China.

Meskipun diterpa nasib buruk, GWM tetap memberikan pernyataan tentang komitmennya terhadap pasar Eropa yang ada, dan mengakui perlunya penyesuaian di tengah pasar yang bergejolak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjualan yang Kurang Prima

Keputusan untuk menutup kantor pusat Eropa kemungkinan besar diambil karena lambatnya penjualan jajaran merek tersebut di Benua Biru.

Pada tahun lalu, GWM meraup penjualan sebanyak 316.018 unit di pasar global, dengan pangsa pasar Eropa hanya menyumbang 6.300 unit terjual.

GWM baru-baru ini juga telah membatalkan target penjualan global 1 juta unit mobilnya di luar China dalam jangka waktu tahun 2025 hingga 2030, dengan alasan kondisi pasar yang menantang.

Dengan ditutupnya kantor pusat dan pembatalan ekspansi ke negara-negara Eropa lain, masih belum diketahui nasib sedan listrik GWM Ora 07 yang sebelumnya dijanjikan akan sampai ke Eropa pada kisaran kuartal ketiga 2024.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini