Sukses

Walker S, Robot Humanoid dengan Teknologi AI yang Mampu Produksi Mobil

Produsen otomotif Cina, Dongfeng Liuzhou Motor, bakal memanfaatkan robot humanoid, untuk produksi kendaraannya di pabrik.

Liputan6.com, Jakarta - Produsen otomotif Cina, Dongfeng Liuzhou Motor, bakal memanfaatkan robot humanoid, untuk produksi kendaraannya di pabrik. Pemimpin Umum Dongfeng Liuzhou Motor Lin Changbo menyampaikan, robot humanoid buatan Ubtech Technology akan diintegrasikan dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) terkini untuk dioperasikan di pabrik pintar Liuzhou.

Diikutip Carscoops, Changbo mengatakan bahwa robot humanoid yang dinamai Walker S akan menjalani pelatihan komprehensif untuk menghadirkan solusi lebih baik di tempat inspeksi, perakitan, dan logistik yang lebih kompleks.

Robot humanoid kelas produksi Walker S disediakan oleh Ubtech Technology dalam kerja sama dengan Dongfeng Liuzhou Motor, anak perusahaan Dongfeng Motors dengan spesialisasi produksi kendaraan komersial di Guangxi, China.

Di pabrik otomotif, robot Walker S yang tingginya 1,7 meter dan memiliki proporsi seperti manusia tugasnya mencakup inspeksi sabuk pengaman, pengujian kunci pintu, penilaian kualitas kerja kendaraan, pengisian oli, dan pemasangan label.

Robot humanoid itu juga akan memiliki kemampuan beroperasi bersama mesin otomatis lain untuk menangani skenario produksi tidak berawak yang lebih rumit.

Selain itu, Walker S dilengkapi dengan 41 sambungan servo berkinerja tinggi dan banyak sensor canggih termasuk kemampuan persepsi gaya, penglihatan, dan pendengaran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Robot Walker S

Fitur-fitur ini memungkinkannya memantau lingkungan sekitar dan berinteraksi dengan individu maupun mesin.

Menurut produsen, Walker S menggunakan "algoritma kontrol fusi" sehingga mampu berkomunikasi dengan sistem pusat pabrik dan mentransfer data ke sistem tersebut secara real time.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini