Sukses

Wuling Siap Produksi MPV Listrik 7 Penumpang di Indonesia

Selama tujuh tahun beroperasinya perusahaan di Indonesia hingga saat ini, investasi Wuling di Indonesia mencapai lebih dari US$ 700 juta

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia terus bergerak dengan cepat. Pemerintah, bahkan memberikan segala fasilitas, salah satunya insentif agar banyak pabrikan dunia tertarik untuk berinvestasi di Tanah Air, melakukan produksi roda empat ramah lingkungan di dalam negeri.

Salah satu yang didorong untuk menambah investasi, adalah SAIC-GM-Wuling Automobile Co., Ltd. Bahkan, pabrikan asal Cina ini, juga didorong untuk menjadikan Indonesia, sebagai basis produksi dan ekspor kendaraan listriknya.

Hal tersebut, disampaikan oleh Menteri perindustrian, Agus Gumiwang kartasasmita, saat mengunjungi Cina, beberapa waktu lalu dan bertemu dengan 4 pabrikan asal Tiongkok, termasuk SAIC-GM-Wuling Automobile Co., Ltd

Dijelaskan President Director PT SGMW Motor Indonesia, Shi Guoyong, selama tujuh tahun beroperasinya perusahaan di Indonesia hingga saat ini, investasi Wuling di Indonesia mencapai lebih dari US$ 700 juta dan telah menjangkau sekitar 130.000 pembeli, serta melakukan ekspor ke Thailand.

"Wuling juga merupakan pabrik pertama yang dapat memproduksi mobil listrik dan mencapai Tingkat Komponen Dalam Negeri sebesar 40% pertama di Indonesia," jelas Shi, dalam keterangan resmi, Rabu (19/6/2024).

Ia menambahkan, dukungan dan insentif yang diberikan pemerintah Indonesia memungkinkan perusahaan melakukan investasi dengan lancar dan saat ini dapat memproduksi tiga jenis produk kendaraan listrik.

Wuling Indonesia juga mengabarkan bahwa salah satu stakeholder Wuling, yaitu SAIC Co., merupakan produser kendaraan MG. Saat ini, perusahaan tersebut berinisiatif meningkatkan investasi dengan menambah merek MG dalam jajaran EV yang diproduksi oleh Wuling.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aktivitas Industri

Terkait aktivitas industri yang dijalankan, Shi menyampaikan rencana ke depan yang akan dijalankan oleh Wuling Indonesia, di antaranya menjajaki pasar Australia, New Zealand, Malaysia, dan Afrika Selatan.

Kemudian, juga terdapat rencana memproduksi EV jenis 7-seater MPV. Yang tidak kalah pentingnya, Wuling berupaya meningkatkan sistem pasokan EV dengan merangkul beberapa perusahaan Tiongkok untuk berinvestasi di Indonesia.

"Kami mengedepankan pengembangan EV, terutama dengan meluncurkan produk yang berkualitas dengan teknologi tinggi baik untuk brand Wuling dan MG," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.