Sukses

Suzuki Daftarkan Paten Motor Trail Listrik Baru, Pakai Basis RM-Z

Suzuki telah mendaftarkan paten terbaru untuk motor listrik terbarunya, dengan jenis motocross atau trail

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki telah mendaftarkan paten terbaru untuk motor listrik terbarunya, dengan jenis motocross atau trail. Kendaraan ramah lingkungan ini, menggunakan salah satu model populer RM-Z.

Disitat dari Motor1, paten motor listrik Suzuki yang didaftarkan dengan judul Power Unit ini, memang tidak menyebutkan tentang platform yang akan digunakan, serta baterai dan daya motor listriknya.

Sebaliknya, paten hanya berfokus kepada rincian transmisi, yang mengurangi penggerak akhir melalui serangkaian roda gigi sebelum mencapai sproket depan.

Intinya, Suzuki mematenkan tata letak roda gigi reduksi, dan hal ini sangat menarik karena membaut rasio gigi akhir motor menjadi lebih rendah untuk kontrol yang lebih baik, dan akselarasi yang lebih cepat.

Selain itu, hal tersebut juga membuat dimensi powertrain tetap ringkas dan ringan.

Hal menarik lainnya, yang perlu diperhatikan, adalah sproket depan lebih dekat ke garis tengah motor, dibanding gigi output motor. Dengan begitu, Suzuki bisa mempertahankan posisi rantai dari Suzuki RM-Z.

Secara praktis, ini berarti bahwa desain swingarm dan roda belakang yang ada saat ini dapat dengan mudah dibawa dari model konvensional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suzuki Cappuccino Bangkit dari Tidur 30 Tahun Berkat Kerja Sama dengan Toyota dan Daihatsu

Menurut laporan dari majalah otomotif Jepang, Best Car, rumor tentang kemungkinan kembalinya Suzuki Cappuccino diperkuat dengan rencana pengembangan mesin turbo 1,3 liter 3-segaris yang akan dibenamkan pada GR Starlet.

Dalam konteks mobil sport compact yang perlu mempertahankan harga untuk tetap terjangkau konsumen, mengembangkan mesin khusus hanya untuk satu model menjadi tantangan. Oleh karena itu, rencananya adalah mesin ini akan digunakan juga di model-model lain dalam jajaran produk.

Kerja sama pengembangan mobil sport tiga jenama Jepang tersebut sejak 2021 juga telah melibatkan kemungkinan terwujudnya rencana produksi konsep Toyota S-FR dan Daihatsu Vision Copen yang konsepnya juga ditanamkan mesin 1,3 liter. Selain itu tentu saja ada Toyota GR Starlet dan Suzuki Cappuccino, seperti yang telah disebutkan.

Selain mesin, basis platform antara Suzuki Cappuccino, Toyota GR Starlet, Toyota SF-R, dan Daihatsu Vision Copen diprediksi akan sama.

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini