Sukses

Jangan Cuma Pakai, Boks Motor Juga Perlu Dirawat, Begini Caranya

Top box atau yang lebih sering disebut boks motor, merupakan aksesori yang sering digunakan oleh para pemilik kendaraan roda dua

Liputan6.com, Jakarta - Top box atau yang lebih sering disebut boks motor, merupakan aksesori yang sering digunakan oleh pemilik kendaraan roda dua. Terlebih, bagi mereka yang hobi touring atau melakukan perjalanan jauh, sehingga digunakan untuk menyimpan tas dan perlengkapan lainnya.

Jika sepeda motor sudah terpasang boks, maka pemilik sebaiknya jangan lupa merawatnya agar tampilannya tetap terlihat keren dan fungsinya optimal.

Boks motor ini merupakan barang yang menempel di motor, dan otomatis dipakai sehari-hari, sehingga kondisi harus melewati cuaca panas-dingin.

Boks motor seperti diketahui ada yang berjenis bahan dasar plastik dan aluminium. Biasanya cara merawatnya juga agak sedikit berbeda.

Dilansir dari laman Wahana Honda, berikut cara merawat box motor dengan baik dan benar:

Merawat Boks Motor Plastik

Boks motor berbahan plastik sebenarnya lebih mudah merawat. Jika tidak terjadi kecelakaan atau benturan keras, paling yang harus diperhatikan adalah bagian karet dan seal-nya. Karena bagian itu mudah menyusut atau aus.

Biasakan boks berbahan plastik dicuci berkala bagian luarnya agar tetap tampil menawan. Sebaiknya gunakan cairan pengkilap vinyl, biar warnanya menghitam lagi, dan tampilannya jadi lebih cemerlang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembersihan Boks Motor

Namun perlu diingat, pembersihan dan pemberian cairan vinyl ini sebaiknya dilakukan pada bagian luar box. Sedangkan untuk bagian dalamnya, cukup dilap dengan kain microfiber.

Karena jika pada bagian dalam diberi vinyl dan jadi lembab malah bisa menimbulkan jamur. Karena itu sebaiknya hanya dilap dengan kain microfiber

Untuk kebersihan dan higienitas boks motor, perhatikan bungkusan makanan yang dimasukan ke dalamnya. Sebab kalau makanan bocor, bau dari makanan bisa terperangkap di boks dan sulit dihilangkan meski sudah diangin-anginkan.

Untuk menghindari munculnya kebocoran, biasanya jika membawa makanan gunakan dengan menggunakan plastik ganda.

Perawatan Boks Bahan Aluminium

Cara merawat bagian luar box ternyata jauh berbeda dengan boks plastik. Boks aluminium natural, khususnya warna natural abu-abu, cukup sensitif dari sentuhan bahan kimia pembersih.

Karena itu, ada baiknya ketika membersihkannya cukup disiram dengan air bersih kemudian dilap hingga kering.

Bahan ini juga tidak boleh diberi sabun, kalau kotor cukup disiram air biasa terus dilap pakai tisu kering atau microfiber.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini