Sukses

Motor Listrik Polytron Fox-R Dukung Elektrifikasi Armada Pengendali Hama Milik Rentokil

Diberi mandat dari Inggris, Rentokil Initial, layanan panggilan pengendali hama asal Inggris, menjalin kemitraan dengan Polytron untuk melakukan elektrifikasi armada kendaraan operasionalnya di Indonesia

Liputan6.com, Tangerang - Rentokil Initial, layanan panggilan pengendali hama asal Inggris, menjalin kemitraan dengan Polytron untuk melakukan elektrifikasi armada kendaraan operasionalnya di Indonesia, sebagai bagian dari komitmen untuk mencapai target nol emisi karbon pada tahun 2040.

"Untuk Rentokil Initial Indonesia, kita ditargetkan dalam akhir tahun depan, Desember 2025 itu 816 motor (operasional) kita sudah harus konversi (transisi) listrik, dan 50 persen dari mobil kita harus terkonversi menjadi mobil listrik," buka Heri Susanto selaku Managing Director Rentokil Initial Indonesia, pada konferensi pers Selasa (25/6/2024), di Tangerang.

Mandat tersebut diakui Heri datang langsung dari bos global mereka dari London. "Saya ingin semua anggota keluarga besar Rentokil Indonesia memasukkan jiwa itu ke dalam DNA kita, bahwa sustainability adalah bagian daripada DNA kita," ucap Heri.

Mendukung operasinya di Indonesia yang banyak mengandalkan sepeda motor, Rentokil memercayakan transisi armada mereka kepada Polytron. Mereka memilih Polytron Fox-R untuk melayani rata-rata 60 ribu kunjungan perhari di seluruh Indonesia.

Motor listrik ini dipercaya karena mampu menjangkau jarak 130 km dalam satu kali pengisian penuh. Dalam proses percobaan pada sederet motor listrik lain sebelumnya, Heri menuturkan sulit untuk mendapatkan model dengan performa tersebut.

"Data di tahun 2022, untuk emisi karbon di Indonesia itu hampir 36 persen asalnya dari kendaraan sepeda motor roda dua. Jadi, karena populasinya banyak, populasi terakhir itu 110 juta, dan kalau kita bisa mengkonversi itu, kita akan mengurangi 54 juta ton karbon per tahun," ucap Tekno Wibowo, Commercial Director Polytron Indonesia membuka sambutannya.

"Dengan Fox-R yang menggunakan baterai berteknologi tinggi dan mendapat sertifikasi IP67, kami yakin kerjasama ini akan memberikan dampak positif yang signifikan, tidak hanya bagi operasional Rentokil, tetapi juga untuk lingkungan saat ini dan masa depan," sambungnya.

Rentokil Initial akan menggunakan Polytron Fox-R sebagai kendaraan operasional utama di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Bali, dan Surabaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Teknis Polytron Fox-R

Pengalaman 50 tahun di dunia industri elektronik dijanjikan Polytron untuk mengedepankan jaringan servisnya yang diakui Tekno sebagai jaringan terluas di Indonesia.

Aspek ini penting bagi konsumen untuk merasa aman ketika mengalami masalah pada sepeda motor listriknya.

Kualitas dari Fox-R juga ditawarkan dalam produknya. Motor yang sekilas mirip dengan Honda PCX ini mengemas baterai berteknologi tinggi 3,75 kWh untuk dimiliki dengan sistem sewa. Dengan kapasitas tersebut, motor ini dapat menempuh jarak 130 km.

Tenaga yang mampu dikeluarkan motor ini sebesar 6 kW yang dapat melesatkannya hingga kecepatan maksimal 95 km/jam.

Untuk harganya, jika dibeli perseorangan, motor ini memiliki banderolan Rp 21 juta on the road Jakarta.

Dengan mengadopsi sepeda motor listrik, Tekno mengungkap itu akan menghemat biaya hingga 80 persen. Perbandingannya dengan sepeda motor BBM adalah 1:5.

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.