Sukses

Mobil Listrik Termurah Hyundai Meluncur, Harganya Tak Sampai Rp 400 Juta

Hyundai Inster, versi listrik Hyundai Casper khusus Korea diluncurkan di Busan International Mobility Show 2024 untuk selanjutnya dipasarkan secara global dengan harga 20 ribu Euro (Rp 350 juta) ke bawah

Liputan6.com, Jakarta - Busan International Mobility Show 2024 yang dibuka pada Kamis 28 Juni menandakan debut publik pertama Hyundai Inster. Mobil ini merupakan jelmaan listrik Hyundai Casper khusus Korea yang akan dipasarkan secara global sebagai crossover sub-kompak di segmen harga 20 ribu Euro (Rp 350 juta) ke bawah.

Menyusul teaser yang muncul dua pekan lalu, kini jenama kenamaan Korea tersebut telah resmi merilis spesifikasi Inster. Walau merupakan mobil listrik yang dikembangkan berdasar model Casper eksklusif Korea, wheelbasenya dimelarkan dari 2.400 mm menjadi 2.580 mm.

Panjangnya 3.825 mm, lebar 1.610 mm, dan tinggi hanya 1.575 mm. Ukuran ini masih berada di bawah Hyundai Creta dan Kona.

"Dengan Inster, kami telah membawa citra SUV kecil ke tempat baru yang berani bagi khalayak global," kata Simon Loasby, Wakil Presiden dan Kepala Pusat Desain Hyundai melalui siaran pers.

"Inster memiliki performa yang jauh melebihi bobotnya dengan desain khas dan interior yang memaksimalkan potensinya dengan cara yang menarik dan berpusat pada pelanggan," imbuhnya.

Detail teknisnya kini telah terungkap. Spesifikasi mobil listrik murah Hyundai ini akan dibedakan dari dua opsi powertrain, Standard dan Long Range.

Model standarnya dilengkapi motor listrik tunggal dengan tenaga 95 tenaga kuda dan torsi 147 Nm yang mengambil daya dari baterai 42 kWh, yang memungkinkannya menempuh jarak lebih dari 300 km.

Di atas aspal, Inster versi standar dapat dikebut hingga 140 km/jam, dan akselerasi 0-100 km/jam-nya membutuhkan waktu 11,7 detik.

Sementara versi jarak jauhnya dibekali baterai yang lebih besar dengan kapasitas 49 kWh untuk menjangkau 355 km. Selain lebih jauh, varian atas ini juga lebih bertenaga dengan sokongan motor listrik bertenaga 113 tenaga kuda yang menambahkan berkendara hingga kecepatan maksimum 150 km/jam dan akselerasi lebih singkat, di 10,6 detik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur di Interior Hyundai Inster

Walau Inster banyak meminjam desain Casper tahun 2021, beberapa peningkatan terjadi seperti pilihan roda 15 inci atau 17 inci yang lebih besar untuk memikul bobot baterainya. Kemudian lampu LED-nya walaupun menganut desain yang sama, lebih terang dibanding Casper.

Sentuhan modern Hyundai juga memberikan LED piksel khas Hyundai elektrik pada lampu belakangnya yang berdamping dengan lencana "Inster" yang megah di pintu belakang.

Desain interiornya juga sebagian masih sama dengan saudara bensinnya, namun terdapat peningkatan teknologi berupa layar ganda 10,25 inci di bagian kokpitnya, jauh lebih besar dibanding milik Casper. Kulit pelapis joknya juga tersedia dalam beragam pilihan warna.

Perlengkapannya dapat mencakup pengisi daya nirkabel, pencahayaan ambient LED 64 warna, kursi depan berpenghangat, sunroof, dan serangkaian fitur ADAS yang lengkap untuk model sub-kompak. Namun itu akan tergantung pada varian trim yang dipilih.

Seluruh kursinya dapat dilipat rata dan kursi baris kedua dapat digeser. Bagasinya berkapasitas 280 liter yang bisa diperluas hingga 351 liter ketika menggeser bangku belakang.

3 dari 4 halaman

Jadwal Peluncuran Global Hyundai Inster

Menyusul debutnya di Busan International Mobility Show 2024, Inster akan meluncur di Korea pada kisaran kuartal ketiga tahun ini dan harga tepatnya akan menyusul. Kemudian menyusul peluncuran bertahap di Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik.

Namun, sejak diluncurkannya teaser dua minggu lalu, Hyundai menjanjikan harganya akan ada di bawah 20 ribu Euro atau sekitar Rp 350 juta.

Bersamaan dengan peluncuran Hyundai Inster ini, Hyundai juga mengumumkan Hyundai Inster Cross, versi yang akan menghadirkan desain yang lebih kokoh untuk menerjang jalanan di luar perkotaan.

4 dari 4 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.