Sukses

BMW M5 2025 Dijejali Sistem Plug-In Hybrid 717 Tenaga Kuda, Tapi Malah Jadi Lebih Lambat

BMW M5 baru menganut elektrifikasi yang akan meningkatkan tenaganya menjadi 717 tenaga kuda, tapi itu semua akan lebih lambat karena bobotnya

Liputan6.com, Munchen - Sedan performa tinggi dari divisi M BMW, BMW M5, mendapatkan pembaruan signifikan untuk model tahun 2025 dengan peningkatan tenaga yang cukup mencolok. Kabar utamanya adalah generasi ketujuh M5 yang memiliki kode G90 ini, kini dijejali motor listrik lewat sistem plug-in hybrid untuk dibanderol dengan harga mulai US$ 120.675 atau sekitar Rp 1,97 miliar.

Disitat dari Carscoops, sistem hybrid ini tidak akan menghilangkan mesin asli M5, yakni mesin turbo V8 4,4 liter yang kini menghasilkan kombinasi tenaga sebesar 717 tenaga kuda dan torsi 1.000 Nm.

Tanpa bantuan motor listrik, mesin S68 milik mobil sport ini mampu menghasilkan 577 tenaga kuda antara 5.600 hingga 6.500 rpm, dan torsi 750 Nm pada putaran rendah 1.800 rpm.

Menggabungkan satu motor listrik dan paket baterai tegangan tinggi berkapasitas 18,6 kWh yang dipasang di lantai, M5 G90 ini memiliki bobot 2.445 kg. Ini adalah peningkatan bobot untuk menjadi lebih berat dibanding versi sebelumnya, M5 F90 seberat 1.971 kg.

Bobot tambahan ini membuat M5 baru semakin lambat walau memiliki tenaga jauh lebih besar. Dibandingkan dengan model M5 F90 saat ini yang mampu mencapai 0-96 km/jam dalam 3,2 detik, M5 G90 baru hanya mampu mencatatkan angka 3,4 detik, sedikit lebih lamban. Sementara varian M5 F90 CS dengan 627 tenaga kuda yang ada saat ini hanya memerlukan waktu 2,9 detik.

Kecepatan maksimum M5 2025 juga tetap sama, yakni 250 km/jam, atau 306 km/jam dengan paket M Driver.

Tenaga dari konfigurasi hybrid ini disalurkan melalui transmisi M Steptronic 8-percepatan dan sistem penggerak semua roda M xDrive, yang memungkinkan pengemudi memilih mode penggerak roda belakang atau semua roda.

Menjelma sebagai mobil plug-in hybrid, M5 juga menawarkan mode berkendara listrik penuh yang menawarkan kecepatan hingga 140 km/jam untuk menempuh jarak 40 km.

Sebenarnya, paduan V8 yang ganas di putaran tinggi dan elemen elektrifikasi yang memberikan tenaga konsisten di seluruh putaran, merupakan keunggulan dari M5 baru ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Banyak Mengalami Ubahan di Tampilannya

Meski terdapat banyak setelan khusus seperti dudukan mesin dan transmisi yang dibuat khusus, suspensi yang didesain ulang, setelan double-wishbone depan yang dapat mengurangi massa unsprung, hingga lengan kendali track baru, tampilannya tak begitu mendapat banyak perubahan.

Kidney grille di fasianya kini menampilkan desain hitam kilap dengan bagian tengah menampung banyak sistem bantuan pengemudi yang hampir terlihat seperti mobil listrik, yang juga membuatnya dapat menyala. Lalu juga akan ada satu batang melintang horizontal melintasi kisi-kisi yang menandai ciri khas model khusus M5 baru.

Kemudian akan ada rem cakram besar di belakang rodanya yang berukuran 16 inci di depan dan 15,7 inci di belakang. Akan ada kaliper enam piston di depan dan kaliper piston tunggal mengambang di belakang.

Tepat di belakang fender flare roda depannya, ada ventilasi sebagai sistem pendingin yang akan menyedot udara ke dua radiator tambahan. Sementara di buritannya, terpasang spoiler M dan pipa knalpot M twin berkelir hitam chrome.

Di sampingnya juga akan turut terpasang kaca spion aerodinamis dan lencana M5 di pilar D.

3 dari 4 halaman

Interior BMW M5 2025

M5 baru akan mendapatkan kursi M Multifunction yang dirancang untuk memberikan keseimbangan antara kenyamanan jarak jauh dan dukungan optimal mengebut di lintasan. Paketnya akan tersedia dalam berbagai pilihan waran termasuk paket kulit BMW Individual Full Merino Metallic untuk tahun 2025.

Roda kemudi barunya kini dilengkapi dengan penghangat. Kemewahan dalam kabin juga terpancar dari pencahayaan khusus M5, Sistem audio surround Bowers & Wilkins, head-up display, dan atap panorama Sky Lounge yang dapat didapat secara opsional. Untuk penggemar atap ringan, tersedia pula pilihan atap karbon.

Di bagian kontrol kokpitnya akan ada sistem operasi BMW 8.5 yang mengintegrasikan kontrol menggunakan layar curved dengan ikon grafis khusus M. Bilah ini terdiri dari layar informasi 12,3 inci dan layar kontrol 14,9 inci yang mengintegrasikan semua kendali ke dalam layar untuk menghilangkan sejumlah tombol fisik.

BMW M5 2025 akan melakukan debut global di Goodwood Festival of Speed ​​bulan Juli. Sementara produksinya akan dimulai di pabrik Dingolfing, Jerman pada bulan yang sama.

4 dari 4 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini