Sukses

Cuma 38 Unit di Dunia, Aston Martin Valiant Hidup dari Inspirasi Formula 1

Aston Martin Valiant adalah kustomisasi ekstrim Aston Martin Valour untuk pembalap F1 Fernando Alonso yang hanya dijual terbatas 38 unit di seluruh dunia

Liputan6.com, Gaydon, Inggris - Aston Martin telah mengumumkan debut mobil sport edisi super terbatas mereka, Aston Martin Valiant. Awalnya, model ini merupakan peningkatan ekstrim Aston Martin Valour yang dipersonalisasi khusus untuk pembalap Formula 1, Fernando Alonso. Namun kini, model tersebut diproduksi terbatas sebanyak 38 unit untuk ditangani oleh divisi Q Aston Martin.

"Kreasi divisi Q Aston Martin, terinspirasi oleh legenda balap dan dibuat menggunakan teknologi terbaru yang terinspirasi F1, material eksotis, dan pengurangan bobot yang obsesif. Ini berfokus pada menempatkan pengemudi dalam pengalaman berkendara yang benar-benar unik, intens, dan emosional," kata Kepala Merek Global dan Kepala Komersial Aston Martin, Marco Mattiacci lewat keterangan resmi.

Menurut laporan Reuters, Valiant diperjualbelikan untuk mendongkrak arus kas positif jenama asal Inggris tersebut yang tengah menelan penurunan penjualan.

Hypercar ini akan menjadi sumber pendapatan besar karena menurut bisikan sumber internal, pembeli harus menggelontorkan sekitar 2 juta Poundsterling atau setara Rp 41,4 miliar untuk memesannya, dan itu belum terhitung pajak.

Secara visual, Valiant jauh lebih agresif dibanding Valour yang lebih halus. Bodinya ditingkatkan dengan penggunaan besar-besaran serat karbon, termasuk pada splitter baru, multi-layer dekat roda depan, diffuser belakang, hingga grilnya yang lebih lebar.

Melirik bagian sampingnya, akan ada spatbor baru, side skirt kompleks yang terinspirasi dari ajang balap Formula 1, serta cakram aero pada roda 21 inci. Di belakangnya juga ditambahkan spoiler tinggi yang agresif.

Apa yang ada di balik kap mesinnya tidak berubah. Namun, berkat penghematan bobot, peningkatan bodi, dan penurunan downforce untuk lebih melekat ke aspal, membuat kinerjanya sedikit lebih baik.

Mesin twin-turbo V12 5,2 liter sebagai jantung pacunya mampu memuntahkan 735 tenaga kuda dan torsi puncak 753 Nm.

Ini adalah peningkatan 30 tenaga kuda, walau dengan angka torsi tetap. Tenaganya kemudian akan dioper ke roda belakang melalui transmisi manual 6-percepatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Konfigurasi pasa Aston Martin Valiant

Banyak langkah penghematan bobot dilakukan pada mobil ini. Subframe belakangnya dicetak 3D untuk mengurangi bobot sebesar 3 kg, sedangkan penggunaan tabung torsi magnesium menghasilkan pengurangan berat sebesar 8,6 kg.

Penggunaan pelek magnesium barunya juga telah mengurangi Unsprung weight sebesar 14 kg, sementara baterai lithium-ion juga menghemat 11,5 kg.

Mode berkendara Sport, Sport+, dan Track juga telah dikalibrasi ulang. Cakram karbon keramik sebesar 410 mm di balik roda depan dan 360 mm di belakang juga akan membantu penanganan rem untuk performa tinggi.

Untuk mendukung kenyamanan, terdapat peredam Multimatic Adaptive Spool Valve yang dapat menyesuaikan salah satu dari 32 kurva peredam dalam waktu kurang dari enam milidetik.

Interiornya juga telah disesuaikan dengan menambahkan banyak komponen serat karbon baru di half-cage, jok Recaro Podium, tali harness balap empat titik, hingga roda kemudi palang tiganya.

"Perpaduan terbaik antara performa, dinamika yang berfokus pada trek, dan intensitas hypercar, Valiant mewujudkan komitmen penuh tekad Aston Martin untuk menciptakan mobil langka dan luar biasa bagi pengemudi sejati," Mattiacci menandaskan.

Senjata legal untuk jalan raya ini akan menyapa publik di dunia nyata lewat Goodwood Festival of Speed ​​​​2024 bersama dengan BMW M5 generasi ketujuh yang baru pada 11 Juli mendatang. Mobil ini akan mulai menghampiri garasi pemesan pada kuartal keempat tahun ini.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.