Sukses

Pabrik GAC Aion di Thailand Segera Beroperasi, Indonesia Kapan?

Seorang pejabat GAC Aion, Selasa (2/7/2024) berkomentar bahwa pabriknya di Thailand akan selesai pada pertengah Juli tahun ini

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pejabat GAC Aion pada Selasa (2/7/2024) berkomentar bahwa pabriknya di Thailand akan selesai pada pertengahan Juli 2024. Pada saat yang sama, Aion V generasi kedua, juga dijadwalkan untuk diluncurkan secara global.

Namun, laporan sebelumnya mengindikasikan, Aion Y Plus akan menjadi model pertama yang diproduksi di pabrik Thailand, yang terletak di Provinsi Rayong, di Koridor Ekonomi Timur (EEC) Negeri Gajah Putih.

Seperti dilansir dari Carnewschina, total investasi 2,3 miliar Baht, dengan kapasitas produksi 50 ribu unit. Pabrik ini akan menjadi pabrik pertama GAC ​​Aion di luar Tiongkok dan akan memproduksi model kemudi kanan.

Dilihat dari investasi yang dikeluarkan, kemungkinan besar pabrik tersebut tidak akan melakukan lebih dari sekadar merakit secara completely knock down (CKD).

Selain itu, pabrik baru ini merupakan bagian dari rencana Aion yang menargetkan produksi dan penjualan 1 juta unit pada 2025. Di Thailand International Motor Expo ke-40 November 2023, Aion memamerkan lima model kendaraan dan teknologi EV.

Merek tersebut juga dilaporkan telah menandatangani perjanjian distribusi dengan sejumlah grup dealer Thailand dan mengidentifikasi 34 kemungkinan pusat penjualan.

Sebagai informasi, Aion juga tengah ramai merambah berbagai pasar Asia Tenggara dan juga membangun pabrik di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

GAC Aion Bakal Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Sebagai bukti keseriusan dalam menjajaki bisnis di pasar otomotif Indonesia, GAC Aion berencana merakit mobil listrik di dalam negeri. Jika terealisasi, Indonesia akan menjadi negara kedua setelah Thailand.

Langkah strategis ini dilakukan dengan prosesi penandatanganan kerjasama antara GAC Aion New Energi Automobile dengan PT Indomobil Sukses International Tbk yang diumumkan lewat keterangan resmi, Jumat (19/4/2024).

Sayangnya tidak ada keterangan lebih detail terkait informasi kerja sama ini. Terutama fasilitas mana yang akan digunakan, jumlah investasi yang dikeluarkan, kapan mulai produksi, model yang dipersiapkan dan target jumlah produksi di Tanah Air.

Sebelumnya GAC Aion dan PT Indomobil telah melakukan penandatanganan perjanjian distribusi. Indomobil ditunjuk untuk menangani distribusi, penjualan, dan purnajual produk GAC Aion. Model GAC Aion ditargetkan akan menjual kendaraan di tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini