Sukses

Asapi Tesla, Penjualan BYD Melonjak 21% pada Kuartal II 2024

BYD mencatatkan kenaikan penjualan kendaraan listriknya sebesar 21 persen, pada kuartal kedua 2024.

Liputan6.com, Jakarta - BYD mencatatkan kenaikan penjualan kendaraan listriknya sebesar 21 persen, pada kuartal kedua 2024. Hasil tersebut, menutup celah dengan Tesla, yang pada kuartal pertama tahun ini berhasil menjadi penjual roda empat bertenaga baterai terbesar di dunia.

Disitat dari Reuters, BYD berhasil menjual 426.039 unit kendaraan listrik pada April hingga Juni 2024 berdasarkan penjualan bulanan. Catatan ini, sekitar 12 ribu unit lebih sedikit dari perkiraan pengiriman kendaraan Tesla untuk kuartal kedua.

Namun, Tesla sendiri diperkirakan akan melaporkan penurunan sebesar 6 persen dalam penjualannya pada periode April hingga Juni. Hasil tersebut, untuk pertama kalinya perusahaan asal Amerika Serikat tersebut harus mengalami penurunan dalam dua kuartal berturut-turut.

Penjualan Tesla yang amblas, karena perusahaan milik Elon Musk ini menghadapi persaingan yang ketat di Tiongkok, dan permintaan yang lambat karena kurangnya model baru yang terjangkau.

Tesla sendiri mungkin akan kembali menyerahkan predikat produsen kendaraan listrik terlaris kepada BYD, jika hasil penjualan aktualnya ternyata lebih rendah dari yang diperkirakan.

Tesla mengalami hambatan setelah bertahun-tahun mengalami pertumbuhan pesat, yang menjadikannya produsen mobil listrik paling berharga di dunia.

Perusahaan itu memperingatkan pada Januari lalu, bahwa pertumbuhan pengiriman pada 2024 akan jauh lebih rendah, karena dorongan dari pemotongan harga selama berbulan-bulan berkurang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pangkas Produksi

Tesla telah memangkas produksi mobil listrik Model Y sebagai varian terlarisnya, dengan angka persentasi dua digit di pabri Shanghai sejak maret lalu, untuk mengatasi melemahnya permintaan model lamanya di Tiongkok.

Sebagai perbandingan, pesaing utamanya di Tiongkok, BYD, mempertahankan pertumbuhan yang stabil dalam penjualan kendaraan listrik. Sementara pendatang baru di pasar EV, seperti Nio melaporkan pertumbuhan yang luar biasa pada kuartal lalu.

3 dari 3 halaman

Infografis Esemka dan Program Mobil Nasional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • BYD

  • Tesla