Sukses

Supercar Listrik BYD Yangwang U9 Mulai Diuji Coba, Mampu Melesat 100 km Dalam 2,36 Detik

BYD, melalui merek premium Yangwang tengah berusaha untuk merebut konsumen mobil listrik dari kalangan atas

Liputan6.com, Jakarta - BYD, melalui merek premium Yangwang tengah berusaha untuk merebut konsumen mobil listrik dari kalangan atas. Pabrikan asal China ini, bahkan tengah mengembangkan sebuah supercar bertenaga baterai, BYD Yangwang U9.

Disitat dari Motor1, BYD Yangwang U9 ini, telah melakukan uji coba di sirkuit Nurburgring. Dengan empat motor, satu motor menggerakkan setiap roda, Yangwang U9 menghasilkan 1.287 tenaga kuda.

Mobil super listrik ini, memiliki bobot yang cukup berat, di bawah 5.500 pon. Sehingga, model ini tidak dapat menantang Tesla Model S Plaid dan Lucid Air Sapphire.

Namun, akselarasi supercar listrik ini cukup menjanjikan, dari 0 hingga 100 km hanya dalam 2,36 detik, dan masih membuatnya menjadi salah satu mobil dengan akselarasi tercepat di dunia.

BYD Yangwang U9 ini, kemungkinan besar bisa dijual dengan banderol US$ 230 ribu di Cina. Banderol tersebut, cukup terjangkau, mengingat performa yang luar biasa, dan penampilannya yang radikal.

Supercar listrik Yangwang U9 berjalan di atas platform e4 milik BYD dan dilengkapi dengan suspensi Disus-X yang mengontrol tingkat pegas dan peredaman, menjanjikan manuver cornering yang stabil, serta trik-trik menarik seperti kemampuan berkendara dengan tiga roda atau melompat naik-turun. Trik lainnya adalah tank turn, keahlian yang diwarisi U9 dari saudara SUV-nya, U8.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi BYD Yangwang U9

Kompleksitas sistem suspensi ini kemungkinan juga berkontribusi pada bobot yang cukup besar, mencapai 2.475 kg. 175 kg lebih berat daripada Rimac Nevera.

Baterai LFP berkapasitas 80 kWh memberikan jangkauan sejauh 465 km, menurut uji tes CLTC di Tiongkok yang nampaknya terlalu optimis. Walau begitu, pengisian daya akan memakan waktu yang cepat.

Car News China melaporkan bahwa daya pengisian maksimum mencapai 500 kW, meski tentu saja akan bergantung pada tempat yang mampu memberi daya pada kecepatan tersebut.

Pengisian 30-80 persen diklaim hanya membutuhkan 10 menit, dan terdapat dua port pengisian sehingga Anda dapat menyambungkan ke dua charger sekaligus.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.