Sukses

Cerdas Literasi Digital, AHM Ajarkan Cara Tangkal Hoaks di SMK Binaan Makassar

PT Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringannya, termasuk Astra Motor Sulawesi Selatan terus mendukung kualitas pendidikan di Tanah Air

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai agen pemegang merek sepeda motor Honda di Indonesia, bersama jaringannya, termasuk Astra Motor Sulawesi Selatan terus mendukung kualitas pendidikan di Tanah Air. Salah satunya, diwujudkan melalui program ESG Mission, Engaging for The Future.

Program tersebut, berorientasi mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) generasi muda yang cerdas literasi digital, melalui kerja sama terintegrasi dengan pemerintah, akademisi, komunitas, dan masyarakat.

Melalui program ini, AHM dan jaringannya mengajak masyarakat merasakan produk dan layanan sepeda motor listrik Honda, serta berbagai program sustainability Astra Honda di seluruh Indonesia.

Salah satu misi yang dijalankan adalah Educate for You, dan dalam kesempatan ini, AHM dan Astra Motor Sulawesi Selatan menggandeng praktisi berpengalaman di bidang komunikasi untuk berbagi ilmu kepada generasi muda di SMK Nasional Makassar, Sulawesi Selatan.

Fokus utamanya adalah menerapkan literasi digital yang cerdas dengan tema Memilah dan memilih informasi hoaks di era digital.

Para siswa diajarkan untuk menjadi generasi cerdas, yang dapat memilah informasi dan langkah pencegahan untuk meminimasi dampak negatif dari paparan informasi yang tidak benar di tengah masyarakat.

"Saya sangat senang dapat memperluas wawasan saya terkait literasi digital di dunia media sosial saat ini, termasuk bagaimana bisa mendeteksi sebuah informasi hoaks dan mencegahnya agar tidak menyebar luas.” ujar Fajar, siswa SMK Nasional Makassar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurikulum Bisnis Sepeda Motor

SMK Nasional Makassar merupakan salah satu SMK yang telah menerapkan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda sejak 2015.

Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM di seluruh Indonesia sejak 2010, dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda

SMK yang bekerja sama dengan Honda, mendapatkan kurikulum teknik sepeda motor Honda yang link and match dengan kebutuhan dunia Industri.

Para tenaga pengajar dan juga siswa juga dapat mengikuti berbagai kegiatan untuk meningkatkan keahlian, seperti uji kompetensi guru dan seminar teknologi, serta para siswa bisa melaksanakan praktek kerja industri di seluruh jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) atau bengkel resmi Honda.

Hingga Juni 2024, AHM mempunyai 710 SMK Mitra Binaan AHM yang tersebar di 295 kota atau kabupaten di 36 Provinsi di seluruh Indonesia.

Di antara sekolah binaan tersebut, terdapat 108 Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh siswa/siswi SMK mitra binaan AHM yang ingin melakukan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Astra Honda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.