Sukses

Generasi Baru Mercedes-Benz E-Class Hampiri Indonesia, Harga Rp 1,3 Miliar

Diluncurkan di GIIAS 2024, kemewahan E-Class generasi baru hadir di Indonesia sebagai varian mild hybrid yang eksklusif dan sporty yang dirakit lokal

Liputan6.com, Tangerang - Jenama mewah Mercedes-Benz telah mencatatkan sejarah panjang bersama segmen kelas menengahnya, E-Class. Setelah hampir setahun melakukan debut global, generasi terbaru E-Class dengan kode W214, yang merupakan generasi keenam, akhirnya menyapa Indonesia lewat ajang Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2024. 

Di antara banyak model E-Class, dua yang diputuskan untuk meluncur di Tanah Air sebagai model rakitan lokal (CKD) lewat fasilitas mereka di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Sepasang E-Class itu adalah Mercedes-Benz E300 dan E200.

"Hari ini kami akhirnya dapat memperkenalkan The All New E-Class W214 kepada Anda dan pelanggan kami di Indonesia. Perakitan di pabrik Wanaherang kami sudah berjalan lancar sejak kami menjual habis W213 beberapa bulan yang lalu," sambut Roelof Lamberts, CEO PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia di GIIAS 2024, Rabu (17/7/2024) bertempat di ICE BSD, Tangerang.

Sebagai informasi, sejak melakukan proses merger dengan PT Inchcape, fasilitas produksi Mercedes-Benz Indonesia di Wanaherang mulai berbagi dengan beberapa merek lain di bawah naungan Inchcape. Kini, mereka memastikan fasilitasnya sudah kembali prima untuk mencetak Mercy rakitan lokal termasuk E300 dan E200 baru.

Dua E-Class baru ini sama-sama memikul mesin bensin 2,0 liter 4-silinder segaris dengan sistem mild-hybrid 48 V yang dipadukan dengan gearbox otomatis 9G-Tronic.

Meski begitu, kedua sedan hybrid ini hadir dengan paket styling yang berbeda. Sementara E300 hadir sebagai AMG Line yang sporty dengan logo Mercy besar khas AMG di grilnya, E200 ditawarkan dengan styling Exclussive Line yang memasangkan standing star khas Mercedes di atas kap mesinnya.

Dijual di harga Rp 1,385 juta off-the-road, The All New Mercedes-Benz E200 Exclussive Line mampu mengeluarkan 204 tenaga kuda dan torsi 320 Nm yang memungkinkannya dikebut hingga 240 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 7,5 detik.

Sementara dengan dana lebih besar, seharga Rp 1,585 miliar, The All New Mercedes-Benz E300 AMG Line mengeluarkan 258 tenaga kuda dan torsi puncak 400 Nm. Di atas aspal itu berarti akselerasi 0-100 km/jam dalam 6,3 detik dan kecepatan maksimum 250 km/jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

The All New Mercedes-Benz E200 Exclussive Line

Memancarkan eksklusifitas sedan E-Class, E200 Exclussive Line memiliki lekukan yang minim dan halus. Itu juga didukung dengan gril eksklusif ikonik Mercy dan standing star di atas kap mesinnya.

Bilah pencahayaan depannya menggunakan LED, namun yang paling unik adalah penggunaan LED berbentuk Mercedes di lampu belakangnya.

Ekslusifitas sedan mewah berlanjut di langit-langitnya yang menyediakan panoramic sliding sunroof, gagang pintu yang rata dengan fungsi flush dan keyless, serta pelek ringan multispoke berukuran 19 inci.

Masuk ke dalam kabin, kulit nappa akan membalut jok dan roda kemudinya yang mewah. Jok depannya berpenghangat dengan fungsi memori yang menyesuaikan sesuai kebiasaan pengemudi.

Kemudian di atas dashboard yang lapang akan ada layar infotainment berukuran 14,4 inci yang didukung sistem multimedia MBUX yang dipadukan dengan sistem audio 4D Burmester.

Fitur lainnya mencakup kamera 360 derajat, sistem pemantau tekanan ban, adaptive highbeam assist, dan blind spot assist.

3 dari 4 halaman

The All New Mercedes-Benz E300 AMG Line

Hadir dengan paket sporty sentuhan styling dari divisi AMG, model E-Class terlaris di Indonesia ini memiliki lekukan tegas yang membuatnya tampil garang.

Dari luar, sejatinya E300 ini tak jauh berbeda dari E200 yang ditawarkan. Apa yang membuatnya berbeda adalah gril khas AMG di depan dan diffuser bak mobil balap yang menghiasi area knalpotnya.

Sementara di bagian dalamnya, karena berasal dari paket AMG, banyak styling interior yang ditingkatkan termasuk roda kemudi fungsi sport dengan bagian bawah yang rata. Membedakannya dari E200 Exclussive line yang memiliki rona cahaya biru, ambient E300 AMG Line berwarna merah.

Masih dengan layar berukuran sama, namun layar itu dipasangkan di bilah dashboard dengan trim berpola berbeda.

4 dari 4 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.