Sukses

Mengenal Teknologi ProPILOT Assist yang Dikembangkan Khusus oleh Nissan

Teknologi ProPILOT Assist ini dirancang Nissan tidak hanya sebatas pamer teknologi dan inovasi, tetapi juga sebagai komitmen Nissan untuk menawarkan teknologi bantuan mengemudi yang memberikan manfaat nyata bagi pengemudi dan pengguna jalan

Liputan6.com, Jakarta - GIIAS 2024 tidak hanya dimanfaatkan pabrikan otomotif guna mendongkrak penjualan saja, tapi juga untuk memperkenalkan teknologi terkini yang dimiliki. Salah satunya teknologi ProPILOT Assist yang dikembangkan secara khusus oleh Nissan.

Disebutkan, ProPILOT Asisst merupakan teknologi bantuan mengemudi revolusioner yang dirancang untuk penggunaan di jalan yang memiliki marka jelas.

Teknologi pintar ini bisa dioperasikan dengan sistem kombinasi kemudi, akselerasi, dan pengereman sehingga dapat membantu meringankan beban kerja pengendara.

Dan Nissan pun berani mengklaim menjadi produsen mobil pertama yang memperkenalkan teknologi canggih ini.

"Teknologi ProPILOT Assist ini dirancang Nissan tidak hanya sebatas pamer teknologi dan inovasi, tetapi juga sebagai komitmen Nissan untuk menawarkan teknologi bantuan mengemudi yang memberikan manfaat nyata bagi pengemudi dan pengguna jalan lainnya," terang Caca Tobing, National Sales Head PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) di GIIAS 2024.

Untuk diketahui, teknologi ProPILOT Assist mengendalikan kemudi, akselerasi, dan pengereman berdasarkan informasi dari kamera dan sensor perangkat lunak canggih yang memvisualisasikan kondisi di sekitar kendaraan.

Kamera ProPILOT Assist dapat mengenali dan memetakan secara tiga dimensi setiap objek, baik kendaraan maupun marka jalan, dengan cepat dan akurat.

Cara kerja sistem ProPILOT Assist memungkinkan kendaraan memahami situasi jalan dan lalu lintas serta membantu menjalankan kemudi secara presisi sehingga kendaraan berjalan secara alami dengan tetap menganalisis keamanan dan keselamatan situasi sekitar.

Teknologi ProPILOT Assist juga sangat mudah dioperasikan berkat adanya tombol di roda kemudi yang memungkinkan pengemudi mengaktifkan dan menonaktifkan sistem dengan mudah.

ProPILOT Assist mendukung keamanan berkendara karena dapat menjaga jarak dengan kendaraan lain di depan dalam rentang kecepatan mulai 30 km/jam hingga 120 km/jam.

Ada tiga fungsi utama ProPILOT Assist pada The All-New Nissan Serena e-POWER: mengontrol kecepatan secara otomatis pada kecepatan yang telah ditentukan atau diatur sebelumnya, mengontrol akselerasi dan pengereman untuk menjaga jarak aman dari mobil di depan, dan menjaga mobil tetap berada di tengah lajur berkendara, baik di jalan lurus maupun saat melewati tikungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Model yang Mengadopsi Model Ini

Menurut Caca, teknologi ProPILOT Assist juga berkontribusi dalam meningkatkan keselamatan berkendara dengan mempengaruhi perilaku berkendara yang aman dan nyaman.

"Kami bangga memperkenalkan teknologi ProPILOT Assist pada The All-New Nissan Serena e-POWER di GIIAS kali ini dan Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang dipilih Nissan untuk memperkenalkan teknologi ProPILOT Assist yang akan menjadi standar kendaraan-kendaraan Nissan di masa depan," katanya.

Teknologi ProPILOT Assist sendiri sudah diaplikasikan pada beberapa model Nissan untuk pasar global seperti Nissan X-Trail e-POWER, Nissan Ariya serta Nissan Sakura di Jepang.

Untuk pasar Indonesia, teknologi ProPILOT Assist sudah tersemat di model The All-New Nissan Serena e-POWER yang baru saja diluncurkan di pameran GIIAS 2024.

Ke depannya, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) akan terus menghadirkan model-model anyar lainnya dengan teknologi canggih ProPILOT Assist yang akan menjadi standar kendaraan-kendaraan Nissan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini