Sukses

Daihatsu Xenia ADS X Meluncur di GIIAS 2024, Tawarkan Tampilan Sporty di Harga Rp 250 Juta

Diluncurkan di GIIAS 2024, Daihatsu Xenia mendapat varian ADS X sebagai varian tertinggi dengan styling lebih sporty

Liputan6.com, Tangerang - Low MPV andalan Daihatsu dalam penjualan, Xenia, mendapatkan peningkatan tampilan lebih sporty dengan penambahan varian baru setelan Astra Daihatsu Styling alias ADS.

Meluncur di ajang otomotif akbar Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2024, dia adalah Daihatsu Xenia ADS X, pengganti varian tertinggi ADS yang lama.

Diluncurkannya peningkatan varian teratas ini diungkapkan oleh Hari Wicaksono, Promotion & Digital Marketing Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), adalah sebagai jawaban dari pergeseran tren penjualan kendaraan di segmen bawah Rp 300 juta yang permintaannya kini naik menjadi 63 persen.

Hari mengklaim segmen MPV yang digeluti oleh Xenia, turut berkontribusi besar dalam pergeseran tren ini.

"Ada tiga alasan membeli, pertama harga yang terjangkau, efisiensi bahan bakar yang sangat baik, dan desain eksterior yang sporty," ungkapnya pada konferensi pers di GIIAS 2024, Rabu (24/7/2024).

"Jadi mereka membutuhkan kendaraan yang multi purpose untuk sehari-hari, dan tampilannya tetap sporty, sehingga bisa digunakan untuk bertemu rekan bisnis, pergi ke kantor, bertemu teman-teman, dan di akhir pekan berpergian bersama keluarga," imbuhnya.

Detail aksen garis merah yang mempertegas kesan sporty masih menghiasi bilah lampu depannya, namun kini tidak lagi mengaliri aero kitnya, karena sentuhan baru berwarna gun metal akan menggantikannya.

Mengusung tampilan baru, bodykitnya kini menonjolkan under guard berbahan rubber. Garnish chrome juga didapati pada bagian bumper depan dan belakang serta lampu fognya.

Varian ADS X ini juga akan menyertakan pilihan warna two tone khusus untuk pilihan warna putih yang memadukannya dengan warna hitam pada atapnya serta spionnya.

Riasan sporty ini tersedia pada varian Xenia Tipe R yang akan tersedia dalam pilihan mesin 1,3 liter dengan harga mulai Rp 250.250.000 dan 1,5 liter mulai Rp 283.850.000.

"Harga yang ditawarkan adalah tambahan Rp 2,5 juta saja (dibanding Xenia ADS sebelumnya) untuk segala fasilitas yang sudah diberikan, khusus warna two-tone ini akan ada tambahan lagi 2 juta," kata Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih dengan Spesifikasi Mesin yang Sama

Tak berhenti pada bagian luarnya, peningkatan juga masuk ke kabinnya. Sistem di dalamnya akan mendukung pengalaman berkendara yang lebih baik.

UI yang digunakan pada interface head unitnya kini lebih dinamis dengan multi-colour. User interface yang sebelumnya membunyikan greeting lewat sistem audio, kini dapat menyapa sesuai dengan waktu mobil dinyalakan.

Soal mesin, apa yang ada di dalam kap mesinnya masih sama, yakni NR-VE Dual VVT-i yang disesuaikan untuk akselerasi halus dan efisiensi bahan bakar optimal.

Pilihan mesin 1,3 liternya dapat mengeluarkan tenaga maksimal 97,9 tenaga kuda pada 6.000 RPM dan torsi puncak 122 Nm di 4.200 RPM. Sedangkan mesin 1,5 liter memiliki kemampuan 106 tenaga kuda dan torsi 138 Nm. Keduanya tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis.

Urusan keamanan, pengeremannya didukung dengan ABS (Antilock Brake System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), dan ESS (Emergency Stop Signal).

Selain itu, terdapat HSA (Hill Start Assist) untuk menjaga mobil saat berada di tanjakan, serta VSC (Vehicle Stability Control) yang mengurangi risiko over steer dan under steer pada transmisi CVT.

Xenia ADS X juga dilengkapi dengan Dual Airbag, Auto Door Lock, dan berbagai fitur keamanan seperti Immobilizer, Window Jam Protection, serta Rear Parking Camera dan 360° Around View Monitor.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.