Sukses

Kalista Tawarkan Jasa Sewa Kendaraan Listrik Buat Dipakai Usaha

PT Kalista Nusa Armada (Kalista), anak usaha baru PT Indika Energy Tbk, menawarkan solusi dari tantangan penggunaan armada operasional yang ramah lingkungan, yakni dengan menghadirkan layanan sewa kendaraan listrik.

 

Liputan6.com, Jakarta - PT Kalista Nusa Armada (Kalista), anak usaha baru PT Indika Energy Tbk, menawarkan solusi dari tantangan penggunaan  armada operasional yang ramah lingkungan, yakni dengan menghadirkan layanan sewa kendaraan listrik. 

Presiden Direktur Kalista Albert Aulia mengungkapkan, pihaknya melihat tren perusahaan yang mendorong usahanya untuk berkelanjutan, bahkan sejak dalam proses awal atau mobilitas operasional.

"Solusi termudah untuk para konsumen apabila mau mengadopsi EV, adalah dengan menyewa, bukan membeli," ucap Albert saat konferensi pers, Jumat (26/7/2024).

Perusahaan ini menyediakan armada kendaraan listrik untuk disewa berbagai jenis perusahaan. Jenis kendaraannya pun beragam mulai dari sepeda motor, mobil, truk, hingga bus.

Tidak hanya persewaan armada, Albert juga menjelaskan, Kalista menyediakan solusi menyeluruh untuk setiap jenis usaha. Salah satunya dengan layanan konsultan profesional terkait perencanaan bisnis klien.

Konsumen bisa mendapatkan masukan dari Kalista mengenai jenis armada, infrastruktur, dengan melihat berbagai faktor. Beberapa di antaranya medan lintasan, jarak tempuh, rencana pembangunan infrastruktur dan kapasitas armada.

"Jadi kita tidak asal menyewakan, tapi melihat dan memperhitungkan apa yang terbaik untuk jenis usaha konsumen. Misal di area pertambangan atau perkebunan, biasanya yang rumit adalah infrastruktur pengisian daya. Soal kemampuan angkut kendaraan listrik itu bukan masalah," ucap Albert.

Albert juga mengutarakan, saat ini tren kendaraan listrik lebih terasa di kota-kota besar di Indonesia. Ini berkaitan dengan infrastruktur dan jaringan listrik yang sudah terintegrasi. Meski demikian, semangat perusahaan untuk lebih berkelanjutan terus bertumbuh di berbagai daerah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Lainnya

Kalista juga menjanjikan layanan worry free bagi konsumen lewat jasa perawatan armadanya. Ini membuat konsumen fokus pada pengelolaan dan layanan, sementara terkait pemeliharaan armada menjadi tanggung jawab Kalista.

Tidak hanya itu, Kalista juga menawarkan kemudahan manajemen aset. Konsumen tidak perlu khawatir dengan risiko penurunan nilai armada ketika masa pemakaian unit berakhir. Aset armada sewa tetap dimiliki Kalista.

"Kami juga terbuka jika ada konsumen yang menginginkan jenis kendaraan tertentu. Misal yang tidak ada dalam penawaran armada kami. Namun tetap kami harus melakukan penilaian terhadap kualitas produk kendaraan karena nantinya unit kendaraan akan dimiliki oleh Kalista termasuk perawatannya. Intinya kami siap menyediakan armada mulai roda dua, sampai kendaraan berat," ucap Albert.

Kalista sendiri merupakan perusahaan yang baru berdiri tahun lalu. Beberapa klien yang pernah ditangani kebanyakan bergerak di bidang jasa transportasi umum seperti Damri, dan angkutan umum perkotaan.

Sepanjang penggunaan kendaraan listrik, perusahaan klien dilaporkan mampu memangkas biaya bahan bakar lebih besar dibandingkan dengan armada kendaraan konvensional. 

Indika Energy memiliki anak usaha di bidang kendaraan listrik. Selain Kalista, perusahaan ini juga memiliki Voltron (jaringan pengisian daya), FIM (Foxconn Indika Motor), Invi (pengisian daya) dan Alva (motor listrik). 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini