Sukses

Federal Oil Bantu ungkap Peredaran Pelumas Mesin Palsu

Pada Mei 2024 ditemukan produk Federal Oil jenis Federal Ultratec sebanyak 35 karton di Bengkel Sentosa Motor yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Federal Oil bersama Asosiasi Pelumas Indonesia (Aspelindo) beserta jajaran terkait berhasil mengungkap peredaran pelumas mesin palsu yang tidak sesuai spesifikasi di beberapa daerah di Indonesia sejak 2017.

Dan pada kuartal 1 dan kuartal 2 tahun 2024, telah terjadi pengungkapan pelumas yang tidak sesuai spesifikasi di wilayah Jakarta dan Banten, dimana pada Mei 2024 ditemukan produk Federal Oil jenis Federal Ultratec sebanyak 35 karton di Bengkel Sentosa Motor yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta.

Pengungkapan besar juga dilakukan di Komplek Biztrip Panongan, Banten pada Juni 2024. Di sana ditemukan sebanyak 60 karton produk jenis Federal Ultratec yang tidak sesuai spesifikasi dan puluhan karton dari merek pelumas lain.

Kedua kasus inipun sudah ditindaklanjuti oleh pihak berwenang, dan akan terus menjadi perhatian bagi Federal Oil dalam upaya mengungkap peredaran produk pelumas yang tidak sesuai spesifikasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Peredaran pelumas yang tidak sesuai spesifikasi ini jelas merugikan kami selaku produsen dan pemegang merek Federal Oil, serta konsumen yang selama ini telah percaya dan merasakan kualitas dari teknologi produk-produk Federal Oil yang digunakan untuk kebutuhan motor harian mereka," terang Herry Hambali, B2C Sales Direktur PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) dalam keterangan resminya.

Dirinya pun menyampaikan, pihaknya terus berkomitmen bersama Aspelindo dan berbagai pihak terkait untuk mendukung setiap upaya pengungkapan peredaran pelumas yang tidak sesuai spesifikasi di pasar pelumas Tanah Air.

"Agar masyarakat bisa makin nyaman dalam menggunakan produk-produk Federal Oil yang sesuai spesifikasi," kata Herry Hambali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Menggunakan Oli Asli

Sementara itu, Ketua Umum Aspelindo Sigit Pranowo menuturkan, penggunaan pelumas yang sesuai spesifikasi memiliki peran penting dalam merawat mesin kendaraan bermotor yang digunakan rutin.

Dan menurutnya, dengan adanya peredaran pelumas yang tidak sesuai spesifikasi di pasar, dan penggunaan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan kerugian bagi produsen dan konsumen.

"Tentunya, peran aktif dari Federal Oil dan produsen pelumas lainnya sangat membantu kami dalam mendukung upaya pemerintah untuk memberantas oknum produsen dan pengedar yang tidak bertanggung jawab." tutup Sigit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini