Sukses

Lebih dari Sekadar Pameran, GIIAS Dinilai Mampu Dorong Transformasi Industri Otomotif Indonesia

GIIAS 2024, pameran otomotif terbesar di Indonesia, tak hanya memamerkan kendaraan terbaru, namun juga menjadi katalisator inovasi, kolaborasi, dan pertumbuhan ekonomi di sektor otomotif nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) setiap tahunnya digelar di ICE BSD City, Tangerang. Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini dinilai bukan sekadar ajang pamer mobil terbaru, tapi berperan krusial dalam mendorong transformasi industri otomotif tanah air.

Yannes Martinus Pasaribu, pakar otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB), menegaskan bahwa GIIAS memiliki dampak signifikan terhadap industri otomotif Indonesia secara keseluruhan. "GIIAS telah menjadi salah satu pameran otomotif terbesar di dunia, setara dengan China."

"GIIAS menjadi platform bagi produsen untuk memamerkan teknologi terkini, termasuk kendaraan listrik, fitur keselamatan canggih, dan desain futuristik. Ini memberikan gambaran jelas tentang arah perkembangan industri otomotif di masa depan," ungkap Yannes, seperti dilansir Antara, Selasa (30/7/2024).

Pameran ini juga menjadi wadah bagi produsen untuk mengukur minat konsumen terhadap berbagai jenis kendaraan dan fitur, data yang berharga untuk menentukan strategi produk dan pemasaran di masa mendatang.

Tak hanya itu, GIIAS juga menjadi tempat para pelaku industri otomotif untuk berkolaborasi, baik dalam pengembangan teknologi maupun rantai pasok. Semangat inovasi di industri otomotif semakin terdongkrak melalui pameran ini.

Sebagai salah satu gelaran otomotif terbesar dunia, GIIAS juga menciptakan lapangan kerja sementara, mulai dari tenaga penjualan hingga penyelenggara acara. Pameran ini juga berkontribusi terhadap sektor pariwisata di daerah penyelenggaraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

GIIAS Memiliki Peran Strategis

"GIIAS memiliki peran strategis dalam membentuk masa depan industri otomotif Indonesia, tidak hanya dari sisi penjualan, tetapi juga inovasi, branding, dan kontribusi terhadap perekonomian nasional," tegas Yannes.

GIIAS 2024 juga menjadi melting pot bagi berbagai stakeholder, mulai dari pembuat kebijakan, pelaku usaha, hingga pasar. Hal ini menunjukkan pentingnya GIIAS bagi industri otomotif nasional dan semakin memiliki kekuatan untuk mendorong kebijakan yang mendukung pertumbuhan sektor otomotif di Indonesia.

GIIAS 2024 menghadirkan lebih dari 55 merek kendaraan, termasuk mobil penumpang, kendaraan komersial, dan sepeda motor. Pameran ini juga menampilkan 120 jenama produk pendukung kebutuhan otomotif. Jumlah pengunjung GIIAS 2024 diprediksi naik 2-5% dibandingkan tahun lalu.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.