Sukses

Performa Motor Bertenaga, Pembalap Astra Honda Racing Team Borong Podium di ARRC 2024

Astra Honda Racing Team (AHRT) berhasil mencetak sejarah dengan menempatkan 2 pembalapnya meraih podium pertama dan kedua pada putaran keempat Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024

Liputan6.com, Jakarta Sederet pebalap berbakat Tanah Air yang tergabung dalam Astra Honda Racing Team (AHRT) berhasil meraih prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024 yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit. Lombok, pada 27-28 Juli 2024. Mereka adalah M. Adenanta Putra yang meraih podium pertama dan Veda Ega Pratama, podium kedua untuk kelas SS600. Serta M. Kiandra Ramadhipa menempati podium ketiga di kelas AP250.

Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024 putaran keempat mempertandingkan 4 kelas balapan, yaitu Underbone 150cc (UB150), kelas Asia Production 250cc (AP250), kelas Supersports 600cc (SS600), dan Asia Superbikes 1.000cc (ASB 1000). Tim Astra Honda Racing Team berpartisipasi dalam dua kelas kejuaraan yakni AP250 dan SS600.

Kemenangan Bersejarah, Podium Pertama Adenanta

Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024 berlangsung dalam 2 race. AHRT berhasil mencetak sejarah dengan menempatkan 2 pembalapnya meraih podium pertama dan kedua.

Pembalap AHRT, M. Adenanta Putra berhasil meraih podium juara pertama pada race ke-2 yang berlangsung hari Minggu, 28 Juli 2024. Capaian tersebut cukup luar biasa karena Adenanta start dari posisi ketiga.

Setelah gagal podium di balapan pertama akibat terkena penalty sehingga menjadi urutan keempat, Adenanta akhirnya berhasil mempersembahkan trofi juara untuk Astra Honda Racing Team di race ke-2, yang sekaligus menjadi kemenangan pertama di ARRC SS600 musim ini. 

“Alhamdulillah, akhirnya target saya untuk bisa meraih kemenangan dapat terwujud. Usaha keras saya dan team Astra Honda membuahkan hasil melalui pertarungan yang sangat ketat. Kemenangan ini saya persembahkan untuk team Astra Honda dan masyarakat Indonesia,” ujar Adenanta.

Rekan setim Adenanta di HRT, Veda Ega Pratama juga meraih hasil positif di race ke-2 ARRC SS600. Pembalap asal Yogyakarta itu berhasil finish di peringkat kedua, setelah sebelumnya hanya finish peringkat ketiga pada balapan ke-1 hari Sabtu. Balapan yang sangat seru dan Veda Bahagia bisa meraih podium yang lebih baik dari sebelumnya.

“Balapan yang sangat seru. Beberapa kali saya harus bertarung dengan ketat dan sempat terdesak ke belakang. Tapi saya mencoba untuk terus menekan. Pada akhirnya, saya berhasil finish pada posisi kedua. Terima kasih untuk team dan semua pihak yang telah mendukung saya. Saya bisa menutup pekan yang menyenangkan,” ujar Veda.

Selain Adenanta dan Veda, dua pembalap AHRT juga unjuk gigi dengan berhasil bercokol di posisi 5 besar. Mereka adalah Fadillah Arbi Aditama yang menempati posisi keempat dan Rheza Danica Ahrens posisi kelima di kelas ARRC SS600. Fadillah Arbi Aditama sendiri terjun sebagai pembalap wild card di putaran keempat ARRC 2024 ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Race Kelas AP250 Ketat dan Kompetitif

Hasil balapan tim AHRT di kelas AP250 memang tak secemerlang pembalap kelas SS600. Namun, aksi dua pembalap AHRT M. Kiandra Ramadhipa dan Herjun Atna Firdaus dengan CBR250RR patut diacungi jempol. Keduanya menunjukkan performa balap yang kompetitif dan tak kenal menyerah. 

Pada race ke-1 yang digelar hari Sabtu, Herjun Atna Firdaus dan M. Kiandra Ramadhipa hampir saja naik podium juara. Adanya aturan pengurangan 200 Rpm menjadi tantangan yang harus mereka hadapi, sehingga harus puas finis di urutan keenam dan ketujuh. Belajar dari pengalaman race ke-1, M. Kiandra Ramadhipa mengubah strategi balapnya dan akhirnya berhasil meraih podium ketiga. Sebenarnya Kiandra berpeluang menang tapi saying tidak bisa mempertahankan posisi sampai akhir.

“Alhamdulillah, saya bisa meraih podium 2 pada race 2. Belajar dari race pertama kemarin, saya mencoba mengubah strategi untuk bisa lebih tenang dan bertahap masuk ke group depan. Strategi saya berhasil, dalam beberapa lap saya bisa memimpin balapan. Sayang pertarungan sangat rapat di lap akhir. Posisi pertama tidak bisa saya pertahankan. Bagaimanapun juga ini hasil terbaik yang bisa saya raih. Terima kasih team yang sudah bekerja keras memberikan setting terbaik untuk CBR250RR saya. Terima kasih untuk semua pihak yang sudah mendukung saya,” ujar Ramadhipa.

3 dari 3 halaman

AHM Dukung Talenta Pembalap Muda Indonesia Berprestasi

Dengan Semangat Satu Hati Raih Impian, Astra Honda Motor (AHM) terus berkomitmen mendukung talenta-talenta terbaik Indonesia untuk meraih mimpinya menjadi pembalap internasional. AHM memiliki program pembinaan pebalap muda Tanah Air melalui Astra Honda Racing School (AHRS) yang dimulai sejak tahun 2010. AHRS menjadi ajang pencarian bibit balap Tanah Air yang konsisten dalam menghadirkan pebalap-pebalap berprestasi yang bersaing di ajang balap Asia dan dunia.

AHRS telah meluluskan lebih dari 150 pebalap untuk bergabung dalam Astra Honda Racing yang berlaga di ajang balap dunia. Para pembalap AHRT yang terlibat dalam gelaran ARRC 2024 pun mayoritas merupakan jebolan Astra Honda Racing School.

General Manager Marketing Planning & Analysis Division AHM Andy Wijaya mengatakan kemenangan ini merupakan hasil dari upaya para pembalap dan mekanik untuk terus menampilkan yang terbaik bagi masyarakat. Dukungan tanpa henti yang diberikan masyarakat Indonesia terhadap para pembalap AHRT tentu menjadi energi tersendiri bagi para pembalap saat bersaing di negeri sendiri membawa nama negara Indonesia di pentas balap bergengsi, khususnya di level Asia. 

“Balapan ARRC sangat menegangkan dan juga membanggakan bagi Indonesia. Tentunya hasil positif yang didapat para pembalap AHRT bisa menjadi modal semangat untuk terus mencetak berbagai prestasi gemilang di putaran-putaran selanjutnya. Kami akan terus mendampingi dan memberikan dukungan tanpa henti kepada talenta terbaik di negeri ini untuk mencapai mimpi tertinggi di dunia balap,” ujar Andy.

Selama penyelenggaraan ARRC 2024 di Mandalika, AHM juga memberikan dukungan lain lewat beragam aktivitas seru. Mulai dari kegiatan city rolling, menghadirkan booth AHM pada ARRC Mandalika. Selain itu, juga dukungan untuk komunitas sepeda motor Honda bagi pembalap Indonesia yang berpartisipasi dalam ARRC Mandalika.

ARRC 2024 di Mandalika telah memberikan cerita manis bagi Astra Honda Racing Team yang berhasil menempatkan pembalapnya meraih podium. Selanjutnya, AHRT akan kembali mengincar prestasi dalam putaran kelima ARRC 2024 yang berlangsung di Petronas Sepang International Circuit, Malaysia pada 13 - 15 September 2024.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.