Sukses

Presiden Jokowi Dukung Perjalanan Solo Riding ke Italia Pakai Skuter Klasik Konversi

'Ride to Better Future Goes to Italy' akan dimulai pada akhir Agustus 2024 dengan menempuh jarak lebih dari 11.000 kilometer (Km) melewati delapan negara dan berakhir di Italia.

Liputan6.com, Jakarta - Program 'Ride to Better Future' yang digagas Elders Elettrico sejak September 2023 terus dikampanyekan hingga saat ini. Terbaru, sebuah misi bertajuk 'Ride to Better Future Goes to Italy' siap dijalankan.

Disebutkan, perjalanan solo riding menggunakan skuter klasik konversi ini akan dilakoni Yohanes Mustamu. Perjalanan ini akan dimulai pada akhir Agustus 2024 dengan menempuh jarak lebih dari 11.000 kilometer (Km) melewati delapan negara dan berakhir di Italia.

Adapun negara-negara yang bakal disinggahi, meliputi Turki – Bulgaria – Serbia – Kroasia – Slovenia – Austria dan finish di Negeri Pizza.

Ini akan menjadi perjalanan yang sangat panjang sekaligus menjadi ajang pembuktikan performa kit konversi Elders Garage.

Untuk diketahui, program Ride to Better Future Goes to Italy akan menggunakan Vespa Super 1974 milik Yohanes merupakan hasil konversi Elders Garage menggunakan tipe Speedster V2 dengan baterai 72V 99AH model tank waterproof IPx4.

Sementara motornya menggunakan 3Kw disc brake dengan kecepatan maksimum 85 Km/jam serta daya tempuh hingga 240 Km. Sementara waktu pengisian daya baterainya memakan waktu 3,5 jam.

Membawa misi semangat Kemerdekaan RI ke-79, touring lintas negara Yohanes mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan dan energi Baru Terbarukan (LIKE 2) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di JCC Senayan, Jumat (9/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi dari Menteri

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga membubuhkan tandatangan di skuter milik Yohanes sebagai bentuk dukungannya terhadap perjalanan menuju Roma, Italia.

Menurut CEO Elders Elettrico Heret Frasthio, Presiden Jokowi turut memberikan perhatian mengenai perkembangan dunia konversi termasuk soal perakitan baterai.

"Kepada Presiden, saya menyampaikan bahwa sementara ini masih import karena harganya lebih murah. Saya juga menerangkan kalau melalui program Ride to Better Future Goes to Italy selain menguji produk konversi dari Elders juga, juga karena permintaan pasar di Eropa cukup besar," kata Heret dalam keterangan resminya.

"Kemudian saya mengutarakan kepada Presiden kalau program elektrifikasi kendaraan khususnya konversi motor listrik gratis dari pemerintah harus dilanjutkan kedepannya," tambah Heret.

Sekadar informasi, Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan Siti Nurbaya Bakar juga mengapresiasi program Ride to Better Future Goes to Italy yang menggambarkan semangat keberanian menghadapi tantangan.

"Perkembangan kendaraan listrik membutuhkan inisiatif dan peran dari berbagai elemen masyarakat sehingga melalui program touring motor listrik ke Italia ini akan memberikan dampak luas bagi industrinya," kata Menteri Siti Nurbaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini