Sukses

Yamaha Rebadge Dua Motor Listrik Honda untuk Pasar Jepang

Alih-alih bersaing, Honda Motor Co., Ltd. dan Yamaha Motor Co., Ltd justru semakin kompak, karena Honda akan memasok dua model motor listriknya dengan merek Yamaha untuk pasar Jepang.

 

Liputan6.com, Jakarta - Honda Motor Co., Ltd. dan Yamaha Motor Co., Ltd menjalin kerjasama dalam hal pemasaran motor listrik. Honda akan menjadi pemasok EM1 e: dan BENLY e:I. dengan merek Yamaha yang diniagakan khusus untuk pasar Jepang. 

Untuk diketahui, pada Oktober 2016, Honda dan Yamaha mulai mempertimbangkan aliansi bisnis dalam berkolaborasi di pasar moped (skuter matik). Semua itu dilakukan guna memenuhi kebutuhan produsen sepeda motor buat mengatasi sejumlah masalah.

Seperti kepatuhan terhadap undang-undang dan peraturan seperti standar keselamatan yang diperketat. Lalu regulasi emisi, serta promosi elektrifikasi.

Sejak Maret 2018, Honda telah memasok skuter moped 50 cc ke Yamaha sebagai produk OEM. Dalam keterangan resmi, mereka mempertimbangkan pasokan skutik kecil dan melakukan pengembangan bersama.

Lalu berkolaborasi untuk memopulerkan sepeda motor listrik di kelas bawah (entry level) jenis moped. Salah satu benefit kerja bareng ini adalah meringkas pengeluaran atau ongkos riset agar kian optimal.

Kemudian pada April 2019, Honda, Yamaha, Kawasaki Heavy Industries, Ltd., dan Suzuki Motor Corporation. Mereka sepakat mendirikan konsorsium baterai (swap battery) yang dapat diganti untuk sepeda motor listrik.

Tujuan utamanya: memopulerkan sepeda motor listrik di Jepang. Tentu, sebagai salah satu solusi bagi masalah jangkauan jelajah dan waktu pengisian daya. Ini yang menjadi tantangan penerimaan skutik elektrik di kalangan masyarakat.

Mereka pun telah mempelajari standardisasi tukar baterai dan sistem penukaran baterai dalam penggunaan umum. Barulah pada Maret 2021 seluruh perusahaan menyetujui standardisasi (spesifikasi umum).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Swap Baterai

Menyusul upaya ini, Honda dan Yamaha akan terus menyediakan sepeda motor listrik yang memenuhi kebutuhan banyak pelanggan dalam jenis moped. Cocok digunakan buat kebutuhan mobilitas pribadi maupun bisnis di Jepang.

Mereka bakal meluncurkan EM1 e: dan BENLY e: yang ditenagai oleh Honda Mobile Power Pack e:. Ya, sistem baterai dapat ditukar dan memenuhi spesifikasi umum.

Honda dan Yamaha bertujuan untuk berkontribusi terhadap perwujudan masyarakat netral karbon dengan meningkatkan jajaran produk mereka.

Dan senantiasa akan terus bekerja dalam memecahkan masalah. Seperti jangkauan jelajah, waktu pengisian daya, kinerja dan biaya, serta mengenalkan sepeda motor listrik di kelas moped lebih luas lagi.

"Lewat kolaborasi ini, kami akan melakukan langkah terbaik dalam merevitalisasi pasar sepeda motor di Jepang. Kemudian menciptakan ekosistem market untuk penyebaran sepeda motor listrik secara cepat pada masa depan. Yakni dengan menyediakan jenis produk moped yang melebihi harapan pelanggan,” terang perusahaan dalam rilis resmi.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini