Sukses

40 Unit Toyota bZ4X Siap Bawa Tamu VVIP Upacara HUT Ke-79 RI di IKN

Toyota kembali menunjukkan komitmennya terhadap Net Zero Emission dengan menyediakan 40 unit Toyota bZ4X sebagai kendaraan VVIP di Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di IKN.

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali menunjukkan komitmennya terhadap Net Zero Emission di Indonesia. Kali ini dengan menghadirkan 40 unit Toyota bZ4X untuk mendukung mobilitas rangkaian VVIP yang akan mengikuti Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu 17 Agustus 2024.

Kontribusi Toyota dengan mengirimkan Battery Electric Vehicle (BEV) ini merupakan pelaksanaan dari 3 program berkelanjutan: menghadirkan mobility solution tanpa polusi udara di IKN, mendukung Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia, dan menjalankan Toyota Environmental Challenge 2050.

"PT Toyota-Astra Motor (TAM) merasa terhormat karena telah dipercaya untuk menghadirkan 40 unit Toyota bZ4X, sebagai kendaraan rangkaian VVIP yang bebas emisi pada pelaksanaan Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di IKN," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Partisipasi tersebut, sambungnya, diharapkan dapat mendukung keinginan Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan mobilitas yang bebas polusi udara, sekaligus mendorong transformasi yang berkelanjutan dalam penggunaan mobil listrik sebagai future mobility solution di Indonesia.

Toyota saat ini telah menghadirkan teknologi elektrifikasi lengkap seperti Hybrid EV, Plug-in Hybrid EV, Battery EV, dan Fuel Cell EV sebagai bagian dari strategi Multi-Pathway. Pelanggan pun bebas memilih kendaraan listrik mana yang paling memungkinkan dan sesuai kebutuhannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Toyota pada Acara Kenegaraan

Khusus kegiatan Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Toyota merupakan produsen kendaraan elektrifikasi yang dipercaya untuk mendukung acara kenegaraan tersebut. Sebelumnya, Toyota telah mendukung kegiatan resmi Pemerintah Indonesia dengan menyediakan Toyota bZ4X sebagai solusi mobilitas di acara kenegaraan bertaraf internasional. Partisipasi dimulai dengan menjadikannya sebagai kendaraan resmi partisipan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Selanjutnya, bZ4X digunakan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang berlangsung dua kali. Seri 1 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9–11 Mei 2023, dan Seri 2 di Jakarta pada 5–7 September 2023. Kemudian, Battery EV ini juga mendukung mobilitas delegasi dari berbagai negara peserta KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Kawasan Nusa Dua Bali, 10-11 Oktober 2023.

Terakhir pada 18-20 Mei 2024, total 130 unit Toyota bZ4X digunakan oleh para menteri dan delegasi negara peserta World Water Forum (WWF) 2024 di Bali.

Toyota memastikan mobilitas Toyota bZ4X dapat berjalan mulus tanpa kendala di acara penting di IKN ini, dengan menyiapkan tim teknisi bersertifikat Toyota global yang terlatih dalam perawatan Battery EV Toyota. Sementara untuk kebutuhan pengisian ulang daya baterai sudah disediakan oleh PLN lewat fasilitas Ultra Fast Charger (UFC) 200 kW yang terbesar di beberapa titik di IKN dan kota-kota sekitarnya.

"Kepercayaan Pemerintah Indonesia kepada PT Toyota-Astra Motor (TAM) merupakan sebuah kebanggaan karena dapat membantu menyukseskan berbagai kegiatan resmi negara," ungkap Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Pemilihan Toyota bZ4X, jelas Anton, juga merupakan bagian dari strategi dan refleksi pengalaman Toyota untuk menghadirkan pengalaman mobilitas tanpa polusi udara di IKN. "Kami berharap, ke depannya akan lebih banyak lagi kolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dalam membangun masa depan yang berkelanjutan."

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini