Sukses

Serba-serbi VW ID.Buzz yang Mulai Bersaing di Pasar Mobil Listrik Indonesia

Volkswagen (VW) memiliki model mobil listrik yang telah diniagakan di Indonesia. Dia adalah VW ID.Buzz yang debutnya di Indonesia berlangsung di GIIAS 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Volkswagen (VW) memiliki model mobil listrik yang telah diniagakan di Indonesia. Dia adalah VW ID.Buzz yang debutnya di Indonesia berlangsung di GIIAS 2024.

Mobil listrik bongsor ini ditawarkan dengan harga Rp 1,3 miliar on the road Jakarta. Ia dilengkapi dengan baterai lithium-ion yang terdiri dari 12 modul dengan kapasitas 79 kWh, menawarkan jarak tempuh 430 km sesuai dengan pengujian WLTP (Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure).

Untuk mengisi penuh baterai lithium-ion dari 0 hingga 100 persen dengan charging box 11 kW memerlukan waktu 7 jam 30 menit. Penggunaan fast charging station DC 170 kW dapat mengisi baterai dari 5 persen hingga 80 persen hanya butuh 30 menit.

Sejarah

ID-Buzz merupakan kelanjutan dari VW Microbus yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1950, yang juga dikenal sebagai VW Type 2, VW Bus, atau Transporter, sebuah van yang dikategorikan sebagai kendaraan komersial ringan.

Sejak produksi pertamanya di tahun 1950-an, VW telah menjual total 9,2 juta unit kendaraan yang diproduksi di Jerman tersebut.

Kendaraan ini telah mengalami berbagai generasi hingga akhirnya VW ID.Buzz hadir dengan powertrain listrik, menjadi kendaraan ikonik dan unggulan pabrikan.

Nama

Penamaan kendaraan konsep yang diperkenalkan pada tahun 2017 ini sangat unik dan penuh dengan teknologi. 'ID' merupakan singkatan dari 'Intelligent Design', yang mengacu pada identitas dan teknologi visioner.

Nama 'Buzz' berasal dari kata 'Bus', karena di Jerman kendaraan seperti ini disebut bus. Namun, nama tersebut diubah menjadi 'Buzz' untuk mengasosiasikannya dengan suara mesin listrik yang berdengung.

Platform

VW ID.Buzz menggunakan platform MEB Volkswagen yang baru dan khusus dirancang untuk kendaraan listrik. Platform ini sama dengan yang digunakan oleh ID.4, Audi Q4 e-tron, dan Skoda Enyaq iV, bukan platform yang digunakan oleh van konvensional.

Jangkauan Jauh

Kebutuhan energi ID.Buzz dipenuhi oleh baterai lithium-ion dengan kapasitas 79 kWh. Berdasarkan uji WLTP, kendaraan ini dapat menempuh jarak hingga 430 km.

PT Garuda Mataram Motor (GMM) menawarkan ID.Buzz dalam dua versi, yaitu Short Wheelbase (SWB) dan Long Wheelbase (LWB).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tenaga dan Torsi

Kendaraan ini memiliki kekuatan 207 hp dengan torsi 560 Nm yang ditransmisikan ke roda belakang. Akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dapat dicapai dalam waktu 7,6 detik, dan kecepatan maksimumnya terbatas pada 160 km/jam. 

Menggabungkan Gaya Klasik dan Modern

VW mempertahankan desain ikonik Microbus VW yang pertama kali diproduksi pada tahun 50-an, menggabungkan estetika klasik dengan sentuhan modern yang menegaskan identitas kendaraan listriknya.

Contohnya adalah desain depan retro dengan bentuk boxy yang menjaga kesan asli, dipadukan dengan lampu berdesain modern.

Interior yang Luas

Meskipun VW ID.Buzz tampak kecil dari luar, ruang dalamnya sangat luas untuk ukurannya, memberikan kesan seperti memasuki sebuah gedung bioskop.

Ruang di atas kepala (headroom) sangat lebar, memberikan kenyamanan bagi penumpang dengan postur tinggi. Bagasi yang luas dan mudah diakses dapat menampung barang-barang berukuran besar.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.