Sukses

Cara Berkendara Aman Menggunakan Mobil Listrik

Mobil listrik saat ini sudah banyak jadi pilihan masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari. Tak hanya untuk perjalanan di dalam kota, tapi juga luar kota yang tentunya menempuh jarak yang jauh dan waktu yang lama

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik saat ini sudah banyak jadi pilihan masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari. Tak hanya untuk perjalanan di dalam kota, tapi juga luar kota yang tentunya menempuh jarak yang jauh dan waktu yang lama.

Namun, sebelum berkendara, tentunya membutuhkan persiapan yang matang. Hal ini, agar perjalanan lebih optimal di berbagai kondisi. Berikut, beberapa tips berkendara aman yang bisa dilakukan para pengendara mobil listrik:

1. Cek Baterai, Pastikan Terisi Penuh

Saat melakukan perjalanan, kita akan dihadapkan berbagai kondisi jalanan juga cuaca. Bisa jadi kita akan dihadapkan pada situasi hujan dan terjadi kemacetan panjang.

Maka dari itu, pastikan untuk memeriksa baterai sebelum berangkat, dan akan lebih baik untuk mengisi dayanya hingga penuh atau minimal 80% untuk meminimalisir terjadinya kehabisan daya, saat cuaca atau kondisi jalanan tidak sesuai yang diinginkan.

2. Periksa Kondisi Ban

Cuaca dan kondisi jalanan yang kurang bagus berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan, terutama jika kondisi ban tidak optimal. Periksa tekanan udara dalam ban secara rutin, dan pastikan juga ban memiliki daya cengkeram yang baik.

Saat musim hujan, pastikan permukaan ban masih ideal untuk mencegah tergelincir di jalan yang licin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gunakan Mode Berkendara yang Sesuai

Saat cuaca buruk, seperti hujan atau kabut tebal, disarankan untuk menggunakan mode berkendara yang lebih aman, seperti mode eco atau comfort. Mode ini akan mengurangi kecepatan akselerasi dan meningkatkan stabilitas kendaraan, sehingga Anda dapat berkendara dengan lebih tenang dan aman.

4. Bersiap saat Cuaca Hujan

Cuaca yang tidak menentu saat ini dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Pastikan mobil listrik yang Anda kendarai dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memaksimalkan keselamatan di jalan.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.