Sukses

Puluhan Peserta Ramaikan HOV’S Jakarta City Rally 2024

City Rally merupakan kompetisi lomba balap mobil yang mengasah kemampuan berpikir dan kekompakan team, di mana terdapat misi yang harus diselesaikan oleh tim dalam kurun waktu ditentukan.

Liputan6.com, Jakarta - IMI DKI Jakarta bersama Volkswagen Van Club (VVC) yang didukung House Of Volkswagen Sentul (HOV’S) menggelar 'HOV’S Jakarta City Rally 2024' pada Minggu (18/8/2024). Rally Kota berbasis waktu ini diikuti puluhan mobil yang terdiri dari komunitas otomotif roda empat, masyarakat umum dan lintas profesi.

Untuk diketahui, City Rally merupakan kompetisi lomba balap mobil yang mengasah kemampuan berpikir dan kekompakan team, di mana terdapat misi yang harus diselesaikan oleh tim dalam kurun waktu ditentukan.

Biasanya, City Rally berlangsung di wilayah perkotaan yang dipadu tujuan wisata lokal atau lokasi bersejarah. Termasuk penyediaan berbagai soal yang harus dijawab peserta sekaligus ‘clue’ untuk menemukan lokasi pos.

IMI DKI Jakarta pun memasukan agenda ini sebagai Kejuaraan Nasional IMI Pusat untuk city rally putaran 1 & Fun City Rally.

"Jadi ini Kejurnas City Rally yang pertama digelar IMI. Sebelumnya memang ada, namun lebih bersifat regional masing-masing daerah. Karena standarnya Kejurnas, maka persiapannya harus detail dan menarik program acaranya," terang Arief Gunawan, Ketua Panitia Pelaksana HOV’S Jakarta City Rally dalam siaran resminya, Rabu (21/8/2024).

Berdasarkan survey rute dan lokasi yang sudah dilakukan pihak panitia, tercatat jarak sejauh sekitar 95 km yang harus ditempuh oleh peserta rally kota ini. Rentang jarak sejauh ini, menurut Arief, masih sangat aman bagi peserta yang ingin ikutan dengan mobil listrik.

Karena acara rally kota ini bertepatan perayaan 17 Agustusan, maka panitia menyiapkan pula beberapa soal pertanyaan dan beberapa titik lokasi tujuan bertema Hari Kemerdekaan.

"Artinya, kegiatan rally kota ini ada dikaitkan ke soal itu. Pokoknya seru untuk diikuti karena menarik jadi pengalaman dan bahan konten," ujar Arief.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua IMI DKI Jaya Anondo Eko Oetomo menyatakan, IMI DKI Jakarta setiap tahunnya selalu membuat kegiatan time rally. Salah satunya seperti saat gelaran ‘Ramadhan on The Road’.

"Memang kegiatan ini sempat terhenti saat masa pandemi lalu. Di samping itu ada beberapa klub menjalankan time rally juga. Tahun lalu, IMI DKI juga melaksanakan Kejurnas time rally seri 2 di 2023," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaderisasi Atlet Time Rally

Ditunjuknya VVC untuk menyelenggarakan time rally kali ini, menurut Eko sapaan akrabnya, lantaran VVC sudah beberapa kali menyelenggarakan kegiatan atau event roda empat. Baik kejuaraan secara mandiri oleh klub VVC sendiri, maupun secara kejuaraan nasional.

“Harapan kami, dengan penyelenggaraan Time Rally yang disuguhkan IMI DKI bersama HOV’S dan VVC ini selanjutnya dapat muncul bibit-bibit baru sebagai pelaksana maupun peserta. Juga sebagai sarana kaderisasi para atlet time rally unggulan di Indonesia,” ujar Eko.

Sejalan yang disampaikan Eko, Ketua Umum VVC Pudji Hartanto Iskandar menegaskan, jika event time rally ini memiliki banyak manfaat bagi penggemar otomotif.

“VVC sambut baik gelaran ini karena bermanfaat melatih disiplin, keterampilan, pengetahuan dan keahlian, serta menjadi ajang adu prestasi,” jelas Pudji.

Ditambahkannya, HOV’S City Rally juga bisa menjadi sarana sosialisasi tertib berlalu-lintas dan menjalin silaturahmi lebih dekat lagi antar pehobi dan komunitas otomotif di seputaran Jakarta.

"Dalam hal ini, saya mengajak seluruh komunitas dan klub otomotif menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan bisa menjadikan keselamatan ini sebagai kebutuhan," imbuh Pudji.

Salah satu tujuan rally kota selain menggiatkan kembali kompetisi bermobil yang mencerdaskan ini serta melibatkan orang-orang yang berkompeten di bidang time rally, sehingga Arief berani menjamin kualitas acara ini bisa dinikmati seluruh keluarga dengan secara mudah dan cepat.

"Sebenarnya, city time rally ini juga bersifat jalan-jalan, yang mengimbangi area kompetisinya. Jadi lebih fun, melatih kedisiplinan berkendara, serta harus kreatif dalam berpikir mencari jawabannya," tutup Arief Gunawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini