Sukses

Kamera Bermasalah, Toyota Recall Mobil Listrik bZ4x di Indonesia

PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali melakukan recall atau penarikan kembali untuk diperbaiki mobil listrik bZ4X dan beberapa model Lexus produksi Desember 2022 hingga Agustus 2023

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali melakukan recall atau penarikan kembali untuk diperbaiki mobil listrik bZ4X dan beberapa model Lexus produksi Desember 2022 hingga Agustus 2023. Kampanye perbaikan ini, untuk melakukan pemeriksaan front view camera dan rear view camera.

Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto mengatakan, pihaknya menjalankan inisiatif global dari prinsipal Toyota Motor Corporation (TMC), yaitu menginformasikan dan mengajak para pemilik Toyota bZ4X dan beberapa model Lexus tahun produksi Desember 2022 hingga Agustus 2023 untuk berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus terdekat.

"Workshop Toyota dan Lexus akan melakukan pemeriksaan Front View Camera dan Rear View Camera di kendaraan pelanggan dan selanjutnya melakukan penggantian kalau dibutuhkan dengan parts baru tanpa ada biaya apapun," tegas Henry, dalam keterangan resmi, Rabu (21/8/2024).

Toyota bZ4X dilengkapi dengan Front View Camera dan Rear View Camera yang digunakan untuk menangkap dan menampilkan gambar area di depan dan belakang kendaraan. Fitur canggih tersebut juga digunakan pada produk-produk Lexus di Indonesia supaya manuver parkir dapat dilakukan dengan mudah dan aman.

Karena adanya proses pengelasan laser yang kurang optimal pada wadah kamera di supplier pada periode produksi tertentu, ada kemungkinan wadah kamera dapat terlepas apabila terkena tekanan eksternal dari waktu ke waktu, sehingga memungkinkan air bocor ke dalam kamera.

Jika keadaan ini terjadi dan tidak segera diperbaiki, sirkuit di dalam kamera dapat mengalami korsleting yang menyebabkan ketidakmampuan menampilkan gambar area di depan dan belakang kendaraan dengan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Estimasi Waktu Perbaikan

Pemilik Toyota bZ4X dan Lexus ES, LS, NX, dan RX dengan periode tahun produksi Desember 2022 – Agustus 2023, diminta agar dapat mendatangi bengkel resmi Toyota atau Lexus. Pemilik kendaraan yang terlibat, akan menerima pemberitahuan melalui surat dan dapat menghubungi bengkel resmi Toyota atau Lexus untuk booking jadwal pemeriksaan.

Estimasi waktu yang dibutuhkan dalam proses perbaikan Front View Camera dan Rear View Camera, untuk tahap pemeriksanan, dibutuhkan waktu sekitar 50 menit hingga 2 jam.

Jika diperlukan penggantian parts, maka akan memakan waktu sekitar 1,5 jam hingga 4 jam untuk menyelesaikannya, tergantung model kendaraan. Karena itu, Toyota dan Lexus menghimbau kepada pemilik kendaraan untuk menyediakan waktu yang cukup agar semua proses dapat berlangsung dengan lancar.

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini