Sukses

Canggih, Isi Daya Baterai Mobil Listrik Ini Cuma 10 Menit

Di bawah naungan Geely Holding Group, Zeekr menggunakan baterai lithium iron phosphate (LFP) yang telah ditingkatkan dengan material dan teknologi terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - Zeekr mengembangkan teknologi baterai terbaru dimana durasi pengisian daya bisa sangat cepat. Pabrikan asal Tiongkok itu mengklaim, pengisian dari 10 persen ke 80 persen hanya 10,5 menit.

Kepraktisan menjadi fokus utama bagi kendaraan elektrifikasi, khususnya dalam hal pengisian daya. Waktu pengisian yang lebih lama dibandingkan dengan mobil konvensional menjadi tantangan.

Dengan berbagai jenis baterai yang tersedia, produsen harus memilih jenis yang lebih mahal untuk meningkatkan kepraktisan, yang pada akhirnya berpengaruh pada harga jual.

Di bawah naungan Geely Holding Group, Zeekr menggunakan baterai lithium iron phosphate (LFP) yang telah ditingkatkan dengan material dan teknologi terbaru.

Ini mendukung sistem pengisian ultra-cepat 5.5C, yang memungkinkan pengisian lebih cepat dibandingkan dengan baterai nickel cobalt manganese (NMC).

Baterai baru ini akan diperkenalkan melalui sedan terbaru mereka, Zeekr 007. Zeekr juga telah meningkatkan sistem manajemen baterai untuk memastikan pengisian yang stabil dan cepat, bahkan dalam kondisi ekstrem seperti suhu -10 derajat celsius, di mana pengisian dari 10 persen ke 80 persen hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Ini merupakan peningkatan signifikan dibandingkan dengan teknologi pengisian sebelumnya.

Mengenai Zeekr 007, pengiriman ke konsumen dijadwalkan akan segera dilakukan. Model ini diklaim memiliki jangkauan hingga 688 km menurut standar CLTC. Pengisian daya selama 15 menit memungkinkan mobil berjalan hingga 500 km.

Zeekr 007 juga dilengkapi dengan baterai canggih dan interior mewah, termasuk jok kulit Nappa dengan pemanas, ventilasi, dan fungsi pijat di bagian depan.

Kursi belakang juga nyaman dengan pemanas dan reclining elektrik. Fitur-fitur lainnya termasuk sistem infotainment 15 inci, head-up display 35,5 inci, dan pelapis langit-langit microfiber suede.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infrastruktur Pendukung

Mobil ini menggunakan platform Sustainable Electric Architecture (SEA) yang dirancang khusus untuk kendaraan elektrik.

Tersedia dalam versi penggerak roda belakang (RWD) dengan tenaga 416 hp dan penggerak semua roda (AWD) dengan tenaga 637 hp.

Pelanggan dapat memilih baterai dengan jangkauan lebih luas, meskipun tampaknya tidak kompatibel dengan teknologi pengisian cepat.

Zeekr tidak hanya fokus ke produk tetapi juga infrastruktur pendukung. Mereka telah mendirikan lebih dari 500 stasiun pengisian ultra-cepat di Tiongkok, dengan lebih dari 2.700 charging pile yang mendukung pengisian 800V untuk konsumen. Rencana ekspansi mencakup 1.000 stasiun pada tahun 2024 dan lebih dari 10.000 ultra-fast charging pile pada tahun 2026.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.