Sukses

Autochem Ajak Pelajar SMK Belajar Lebih Dalam Sistem Pengereman Sepeda Motor

PT Autochem Industry menggelar kegiatan #prestonemengajar yang berlangsung di SMK Negeri 10 Malang, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan #prestonemengajar yang diselenggarakan PT Autochem Industry berlangsung di SMK Negeri 10 Malang, Jawa Timur, Kamis (22/8/2024). Di sini, 140 peserta yang terdiri dari siswa kelas 10 hingga 12 dimana pada umumnya jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) belajar seputar sistem pengereman.

Tidak cuma belajar secara teori melalui silabus soal teknologi rem pada kendaraan bermotor hingga product knowledge cairan rem, tetapi juga praktik penggantian cairan rem secara mandiri oleh peserta.

Dhany Ekasaputra, Promotion Manager & Technical Support PT Autochem Industry menekankan pentingnya penggantian cairan rem secara rutin. Hal itu karena adanya sifat higroskopis pada cairan rem atau mudah menyerap air yang akan membuat rem lebih rentan blong, apalagi dengan iklim tropis di Indonesia yang rentan juga akan terjadinya penguapan atas sebuah cairan.

"Kondisi iklim itu sangat berpotensi membuat kandungan air di cairan rem akan naik hingga tiga persen sehingga menyebabkan titik didihnya menurun. Jika didiamkan, air yang terkandung di dalam sistemnya akan membuat rem gagal fungsi di kondisi berat," terang Dhany.

Menurutnya, kondisi berat itu adalah keadaan dimana sebuah kendaraan sedang dalam pemakaian yang menempuh jarak yang panjang dalam satu kali perjalanan.

"Kinerja sistem pengereman akan semakin berat jika kontur jalan yang ditempuh penuh tanjakan maupun turunan. Bisa juga melalui jalur yang kepadatan lalu lintasnya tinggi," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegiatan Serupa lainnya

Pendidik di SMK 10 Negeri Malang turut mengapresiasi kegiatan ini karena berdampak positif bagi anak didiknya.

"Senang dengan acara seperti ini, karena sesuai dengan project by learning sesuai tujuan pembelajaran, yaitu belajar dari produk, product knowledge, jasa, dan praktik secara langsung," kata Muhammad Rizal, salah satu pendidik di SMK Negeri 10 Malang.

Selain memberikan edukasi kepada siswa SMK Negeri 10 Malang, PT Autochem Industry juga menggelar kegiatan serupa yang melibatkan 125 mekanik dari sekitar 80 bengkel yang tergabung dalam komunitas maupun paguyuban seperti Mekanik Motor Injeksi di wilayah Malang, Pasuruan sampai Probolinggo, dan sekitarnya.

Bedanya, bahasan yang dilakukan lebih luas, yakni mencakup tiga tema; pelumas mesin kendaraan, pentingnya cairan rem, dan seputar radiator coolant.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.