Sukses

Melihat Modifikasi Fuso Canter yang Disulap Jadi VAR Mobile BRI Liga 1

Kompetisi liga sepakbola Indonesia atau BRI Liga 1 kini sudah menggunakan sistem VAR atau video assistant referee

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi liga sepakbola Indonesia atau BRI Liga 1 kini sudah menggunakan sistem VAR atau video assistant referee. Namun, dengan stadion di Tanah Air yang belum semuanya memiliki ruangan untuk sistem canggih ini, maka PT Liga Indonesia Baru (LIB) membuat terobosan VAR Mobile dengan menggunakan kendaraan.

Salah satu kendaraan yang digunakan untuk VAR Mobile ini, adalah Fuso Canter FE 84 G, yang diopersikan saat pembukaan BRI Liga 1 musim 2024 dan 2025, tepatnya di pertandingan antara Persib Bandung dan PSBS Biak, di stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat.

PT LIB sendiri memiliki chassis Canter FE 84 G sebagai truk yang ideal dan memenuhi standar untuk dijadikan ruang VAR karena varian ini memiliki dimensi yang lebar sehingga memberikan kapasitas ruang yang besar.

Canter FE 84 G menggendong mesin 4V21-2AT1 dengan tenaga 136 PS dan torsi maksimal 43kgm yang didapat pada rentangan rpm sebesar 1.500 – 2.500.

Saat ditemui dalam pertandingan PERSIB Bandung vs PSBS Biak yang berlangsung, Ahmad Ikrom Maulana, Supervisor Football Technology & Innovation PT LIB mengatakan, ketika adanya perpindahan lokasi di lapangan, dengan adanya Truk VAR ini, pihaknya bisa memindahkan alat-alat VAR kita lebih mudah.

"Jadi kita memilih mobil yang cukup untuk memasukkan alat kita dan memang ada standar ukuran minimalnya untuk membuat ruangan VAR itu,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Manager Media & Communication PT LIB, Hanif Marjuni menambahkan, pembuatan untuk satu unitnya memakan waktu sekitar enam bulan.

Adapun saat ini LIB memiliki 12 armada yang tersebar di beberapa daerah untuk menjangkau stadion-stadion yang ada di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendaraan di Segala Medan

Lebih lanjut, Hanif mengatakan bahwa pihaknya harus mencari kendaraan yang tangguh di segala medan, karena mobilitas truk VAR akan bergerak ke daerah lainnya di seluruh Indonesia.

"Pertimbangan kita adalah pilih yang tangguh, karena mobil ini akan rolling dan berpindah ke seluruh Indonesia, jadi itu bagian dari pertimbangan kami, bagaimana bisa menyediakan satu mobil yang semuanya mumpuni untuk alat-alat VAR," tegasnya.

Dipilihnya Fuso Canter FE 84 G sebagai inovasi VAR pertama di Indonesia, tentu menjadi sebuah kebanggaaan bagi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MTFBC) di Indonesia.

Sudaryanto, General Manager of Business Communication PT KTB mengatakan bahwa produk Canter sudah terbukti ketangguhannya dan selalu menjadi favorit masyarakat Indonesia dengan dominasi penjualan mencapai 52,9 persen.

"kehadiran truk VAR ini tidak hanya merupakan bentuk dukungan kami terhadap sepak bola Indonesia, tetapi juga menjadi pembuktian bahwa Mitsubishi Fuso dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis dan lembaga, di berbagai industri," tutup Sudaryanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini