Sukses

10 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Listrik

Memilih mobil listrik bukan sekadar tren, tapi investasi jangka panjang. Pakar otomotif Yannes Martinus Pasaribu bagikan 10 tips jitu agar tak salah pilih.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik semakin populer, tapi memilihnya tak bisa asal. Pakar otomotif Yannes Martinus Pasaribu, dari Institut Teknologi Bandung (ITB), membagikan 10 kiat jitu untuk memastikan pembelian mobil listrik sesuai kebutuhan dan anggaran.

"Memilih mobil listrik bukan sekadar tren, tapi investasi jangka panjang," tegas Yannes seperti dilansir Antara, Selasa (27/8/2024). Menurutnya, penting untuk mempertimbangkan fungsi utama yang diharapkan dan kesiapan keuangan pribadi sebelum membeli mobil listrik.

Berikut ini 10 tips jitu agar tak salah pilih mobil listrik menurut Yanes:

1. Tentukan Kebutuhan dan Anggaran

Pertama, tentukan jarak tempuh harian, kapasitas penumpang dan barang, serta anggaran yang tersedia. Hal ini akan membantu mengidentifikasi tipe mobil listrik yang tepat.

2. Pahami Spesifikasi Teknis

Perhatikan kapasitas baterai, jarak tempuh, waktu pengisian daya, dan fitur keselamatan. Pastikan mobil listrik memenuhi kebutuhan harian dan menawarkan keamanan yang memadai.

3. Bandingkan Spesifikasi dan Harga

Jangan lupa untuk membandingkan spesifikasi dan harga dengan mobil listrik lain. Lakukan uji coba (test drive) jika memungkinkan.

4. Perhatikan Infrastruktur Pengisian Daya

Pastikan Anda memiliki akses mudah ke stasiun pengisian daya, baik di rumah maupun di area mobilisasi harian.

5. Lakukan Riset Menyeluruh

Pelajari berbagai merek dan model mobil listrik yang tersedia di pasaran.

6. Pertimbangkan Reputasi Merek

Pilih merek yang memiliki garansi baterai mobil listrik memadai dan didukung jaringan layanan purna jual 3S (Sales-Service-Spareparts) yang luas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7. Hitung Biaya Kepemilikan Jangka Panjang

Pertimbangkan harga beli, biaya pengisian daya, perawatan, dan asuransi. Bandingkan dengan biaya kepemilikan mobil konvensional.

8. Asuransi Khusus Mobil Listrik

Cari asuransi yang menawarkan perlindungan komprehensif, termasuk untuk kerusakan baterai.

9. Pahami Teknologi Mobil Listrik

Pelajari tentang baterai, motor listrik, dan fitur-fitur canggih lainnya.

10. Buat Keputusan yang Terinformasi

Dengan mempertimbangkan semua aspek, calon pembeli dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi dan mengurangi risiko kesalahan.

Memilih mobil listrik memerlukan pertimbangan matang. Dengan mengikuti 10 kiat di atas, Anda dapat memastikan investasi Anda tepat sasaran dan memberikan kepuasan jangka panjang.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini