Sukses

Kanada Tekan Dominasi Mobil Listrik Asal China, Tesla Ikut Terdampak

Kanada resmi mengenakan tarif 100 persen untuk kendaraan listrik produksi China. Selain itu, bakal diberlakukan pajak tambahan 25 persen untuk alumunium dan baja impor dari Tiongkok mulai 1 Oktober 2024

Liputan6.com, Jakarta - Kanada resmi mengenakan tarif 100 persen untuk mobil listrik produksi China. Selain itu, bakal diberlakukan pajak tambahan 25 persen untuk alumunium dan baja impor dari Tiongkok mulai 1 Oktober 2024.

Disitat dari Drive, laporan menyebutkan bahwa peningkatan tarif tersebut merupakan tanggapan terhadap kebijakan kelebihan kapasitas yang disengaja, dan diarahkan oleh negara yang menurut para pejabat pemerintah melemahkan kemampuan Kanada untuk bersaing di sektor kendaraan listrik.

"Saya pikir kita semua tahu bahwa China tidak bermain sesuai aturan," kata Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Sementara itu, kebijakan tarif yang baru dikatakan akan berdampak di setiap kendaraan elektrik buatan China, termasuk model Tesla yang ditujukan untuk Kanada. Produsen mobil listrik yang berbasis di Amerika Serikat itu tidak mengungkapkan berapa banyak model kendaraannya yang diekspor dari China ke Kanada.

"Yang penting tentang hal ini adalah kami melakukannya selaras dan paralel dengan perekonomian yang lain di seluruh dunia," tegasnya.

Menanggapai kebijakan tarif baru yang akan diterapkan untuk kendaraan listrik China, kedutaan besar China menurut laporan Reuters, menyebut keputusan Kanada sebagai tindakan yang dominan secara politis, dan merupakan pelanggaran langsung terhadap aturan organisasi perdagangan dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pabrikan China Makin Terjepit

Italia dan Spanyol mendukung tarif Uni Eropa (UE) atas impor kendaraan listrik buatan China. Demikian dikatakan sumber pemerintah menjelang batas waktu, Senin tengah malam (15/7/2024), bagi 27 anggota UE untuk mengambil sikap mengenai masalah tersebut.

Pemungutan suara tersebut memang tidak mengikat, tapi dapat mempengaruhi kesimpulan akhir Komisi Eropa, yang mengawasi kebijakan perdagangan di wilayah tersebut.

Komisi di Benua Biru menetapkan bea masuk sementara hingga 37,6 persen pada kendaraan listrik yang diimpor dari China, yang meningkatkan ketegangan dengan Beijing.

Sementara itu, Eksekutif Uni Eropa tengah menjajaki pandangan pemerintah dalam pemungutan suara penasihat, yang diharapkan akan dipertimbangkan oleh komisi saat memutuskan apakah akan menindaklanjuti dengan tugas-tugas definitif dalam kasus perdagangan Uni Eropa yang paling menonjol sejauh ini.

Komisi mengatakan, pemungutan suara itu bersifat rahasia dan tidak akan mengungkapkan hasilnya.

Sumber-sumber pemerintah mengatakan, pada Senin (15/7/2024), bahwa Italia telah memberikan suara mendukung dan bahwa Spanyol akan melakukan hal yang sama dalam pernyataan tertulisnya.

Sedangkan Swedia berencana untuk abstain, demikian dikatakan Menteri perdagangan Johan Forssell kepada Reuters.

Jerman juga akan abstain, demikian ditulis sumber-sumber, pada Jumat (12/7/2024). Selain itu, sejumlah pemerintah Uni Eropa masih ragu-ragu terkait hal ini.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini