Sukses

Jangan Asal Mendahului, Perhatikan Faktor Ini untuk Tetap Aman Berkendara Motor

Berkendara sepeda motor, terutama saat kondisi lalu lintas yang padat pastinya membutuhkan konsentrasi yang lebih tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara sepeda motor, terutama saat kondisi lalu lintas yang padat pastinya membutuhkan konsentrasi yang lebih tinggi. Terlebih, saat pengendara hendak mendahului kendaraan lain, dan jangan dilakukan secara sembarangan.

Saat hendak mendahului kendaraan lain, pengendara harus tetap sabar dalam segala kondisi, dan tidak dianjurkan asal mendahului. Pasalnya, jika salah bisa berimbas pada cekcok sesama pengguna jalan bahkan fatalnya akan berakibat terjadinya kecelakaan.

Berdasarkan laman resmi Wahana Honda, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika akan mendahului kendaraan, baik dari segi teknis dan non teknis. Apa saja?

Faktor Teknis

  1. Pastikan saat mendahului gunakan lampu sein, ini sebagai penanda bagi pengendara yang persis berada di belakang kita. Jangan langsung memotong jalur, ini tidak boleh dilakukan karena berbahaya.
  2. Papda saat ingin mendahuli kendaraan yang ada di depan, pastikan kondisi jalur. Jangan dipaksakan jika terlalu sempit, biasanya kondisi ini terjadi pada saat jalanan padat.
  3. Marka jalan jangan diabaikan, jika ingin mendahului kendaraan lakukan pada marka jalan terputus-putus, bukan pada marka jalan tidak terputus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Faktor Nonteknis

  1. Bukan saat kondisi emosi, faktor emosional bisa sangat mempengaruhi kondisi kita untuk menyalip kendaraan secara tidak sabar dan asal ‘srobot’. Baiknya, pada kondisi yang tenang supaya proses mendahului kendaraan bisa dilakukan dengan aman.
  2. Fokus selalu saat berkendara, perhatikan sekeliling yang ada dijalan. Pandangan harus selalu menghadap kedepan, sembari sesekali memperhatikan sebelah kiri atau sebelah kanan dan cek spion untuk perhatikan kendaraan di belakang.
  3. Pastikan kondisi fisik tidak lelah, kadang lelah sebabkan pengendara ingin terburu-buru sampai ke tempat tujuan. Segeralah menepi dan istirahat sebentar, karena posisi lelah bisa berakibat pada hilangnya fokus berkendara.
3 dari 3 halaman

Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.