Sukses

4 Tanda Busi Bermasalah, Segera Ganti Sebelum Berdampak Fatal

Busi mobil aus bisa bikin performa kendaraan menurun drastis! Kenali 4 tanda busi bermasalah agar mobil tetap prima dan hemat bahan bakar.

Liputan6.com, Jakarta - Busi merupakan komponen mungil yang memiliki peran vital dalam memicu pembakaran mesin. Namun seringkali luput dari perhatian pemilik kendaraan. Padahal, kondisi busi yang aus dapat berdampak fatal pada performa mesin kendaraan.

PT Denso Sales Indonesia (DSIA), produsen suku cadang after market otomotif, memberikan panduan mengenali tanda-tanda busi perlu diganti. Simak baik-baik tips ini, agar kendaraan Anda tetap prima dan hemat bahan baka.

1. Mesin Sulit Dinyalakan

Busi berfungsi sebagai pemicu percikan api untuk menghidupkan mesin. Jika busi aus, mesin akan sulit atau bahkan tidak mau menyala. Selain itu, Anda juga akan merasakan getaran yang berlebihan saat mesin dalam keadaan diam, dan gas terasa berat saat diinjak.

2. Mesin Makin Boros Bahan Bakar

Busi aus dapat menyebabkan pembakaran tidak sempurna, sehingga mesin bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang sama. Akibatnya, konsumsi bahan bakar meningkat dan efisiensi kendaraan menurun. Jika Anda mendapati mobil mendadak lebih boros, periksa kondisi busi Anda.

3. Asap Knalpot Berwarna Aneh

Asap hitam atau abu-abu gelap yang keluar dari knalpot menandakan pembakaran tidak sempurna akibat busi yang tidak berfungsi dengan baik. Warna busi juga dapat memberikan petunjuk. Busi yang berwarna gelap menandakan pembakaran kurang sempurna, sedangkan warna kemerahan atau kekuningan menunjukkan mesin sering mengalami pemanasan berlebihan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Suara Mesin Berubah Saat Akselerasi

Performa busi yang menurun akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna saat Anda berakselerasi. Hal ini dapat menimbulkan suara mesin yang tidak normal, seperti tersendat, serta getaran yang tidak biasa di dalam kendaraan.

Jangan abaikan tanda-tanda ini! Segera ganti busi dengan yang baru untuk menjaga performa mesin mobil Anda tetap optimal dan hemat bahan bakar.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.