Sukses

Empat Tanda Busi Kendaraan Perlu Diganti

Busi menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Oleh karenanya, penggunaan busi berkualitas dan perawatan berkala perlu dilakukan agar kinerja mesin tetap optimal demi keamanan dan kenyamanan berkendara.

Liputan6.com, Jakarta - Busi menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Oleh karenanya, penggunaan busi berkualitas dan perawatan berkala perlu dilakukan agar kinerja mesin tetap optimal demi keamanan dan kenyamanan berkendara.

Menurut Ivana Stella selaku Product Manager PT Denso Sales Indonesia (DSIA), terdapat empat (4) tanda busi perlu diganti.

Pertama penurunan kinerja mesin. "Indikasinya, mesin sulit atau tidak langsung menyala saat dihidupkan. Kemudian adanya getaran yang berlebihan dalam keadaan diam dan gas terasa berat saat diinjak," jelas Ivana.

Tanda kedua adalah konsumsi bahan bakar yang meningkat. Tanda berikutnya ialah timbul warna asap yang tidak normal.

"Kendaraan yang mengeluarkan asap berwarna hitam atau abu-abu gelap dapat mengindikasi pembakaran tidak sempurna akibat busi yang tidak berfungsi dengan baik," kata Ivana.

"Performa busi juga dapat terlihat dari perubahan warna busi, warna busi yang gelap disebabkan oleh proses pembakaran pada ruangan bahan bakar yang kurang sempurna sehingga asap mobil berwarna hitam sedangkan warna busi kemerahan atau kekuningan menandakan bahwa mesin mobil Anda sering melakukan pemanasan secara berlebihan," tambahnya.

Tanda keempat adalah timbul suara brebet pada mesin saat akselerasi. "Perubahan kecepatan mesin akan membuat RPM naik, sehingga mempercepat kerja mesin dan busi harus bekerja dengan lebih cepat pula. Performa busi yang tidak optimal akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna ketika sedang berakselerasi," terang Ivana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keunggulan Busi Iridium

Lebih lanjut Ivana menyatakan, penggunaan busi jenis Iridium Denso bisa menjadi solusi untuk kebutuhan pengapian kendaraan yang lebih unggul.

Pasalnya busi Iridium memiliki beberapa keunggulan dibanding busi biasa, seperti pembakaran yang lebih sempurna, pengapian yang lebih baik karena memiliki desain U-Groove yang mampu menghasilkan bola pijar yang lebih besar untuk pengapian yang lebih baik.

Dengan pengapian yang lebih baik dan pembakaran yang sempurna berdampak pada penggunaan bahan bakar yang lebih efisien.

Ivana juga mengklaim penggunaan busi Iridium Denso mampu mengatasi karbonisasi dengan baik, memastikan kinerja optimal mesin untuk jangka waktu yang lebih lama.

Sekadar informasi, busi Iridium Denso terdiri dari beberapa tipe, yakni Iridium Power, Iridium TT, dan Iridium OE.

Iridium Power merupakan busi berbahan material Iridium untuk akselerasi dan pengapian yang lebih baik dibanding busi nikel. Rekomendasi

Sementara Iridium TT yang memiliki desain double needle untuk efisiensi bahan bakar dan akselerasi yang sempurna. Sedangkan Iridium OE adalah busi Iridium dengan masa pakai dan jarak tempuh tertangguh sesuai kualitas bawaan pabrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini